BSK Samawa

Siswa SLB Dibekali Keterampilan Melalui Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi untuk siswa SLB

SELONG, DS- Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Lombok Timur dibekali keterampilan melalui pendidikan Vokasi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas lulusan SLB.

Adapun pendidikan vokasi yang disiapkan yaitu pelatihan menjahit, vokasi tatarias, perbengkelan, pertukangan, tatabusana dan tata boga.

“Alhamdulillah anak-anak kita sudah bisa menghasilkan berbagi produk. Terutama yang tataboga hasilnya sudah ada yang dijual meskipun hasilnya itu masih disekitar sekolah saja,” terang Kepala Sekolah SLBN 2 Lotim H M Pauzi, Rabu (08/11).

Dijelaskan, untuk pembinaannya sendiri dilakukan dengan menjadwalkan para siswa mulai dari dari SMP LB kemudian SMA LB. Pola pembinaannya diatur setiap ruangan dua kali dalam seminggu didampingi langsung oleh guru-guru yang memang keahliannya LB dan berkompeten di bidangnya.

Pihak sekolah juga telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan resmi, sehingga anak-anak yang sudah dibina bisa mendapatkan sertifikat sebagai salah satu tanda bahwa anak-anak betul-betul memiliki kemapuan dan propesional di bidangnya.

“Termasuk kami juga sudah menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri, agar untuk melakukan pembinaan anak-anak di kita ini,” ungkapnya.

Dikatakan, vokasi yang paling banyak peminatnya adalah vokasi menjahit dan tata boga. Sementara untuk siswa yang laki-laki paling dominan mengambil di perbengkelan dan kayu.

Sejauh ini diakui karya yang dihasilkan terutama yang Vokasi kayu ini sudah banyak. Meski hasil karya itu sejauh ini belum dipasarkan karena masih dalam tahap pembinaan dan hailnya sudah banyak dan bagus.

Salah satu kryanya adalah pembuatan tempat tisu dari bahan kayu dan hiasan dinding berbahan kayu yang sangat bagus. Selain diberikan pelatihan di sekolah para siswa ini juga dimagangkan ditempat lain. Hal ini diakui tidak lepas sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas anak.

“Siswa dimagangkan di dunia usaha yang ada di luar selama dua Minggu. Setalah magang kita akan datangkan lagi instruktur dari luar, untuk kembali meningkatkan kemampuan anak,” katanya.

Anak-anak yang sudah lulus dari SLBN 2 Lotim, sudah dijamin sudah memiliki kemapuan di masing-masing bidangnya yang dibuktikan dengan sertifikat dan ijazah. Sehingga begitu lulus alumni-alumni SLBN bisa direkrut oleh dunia usaha sebagai tenaga kerja.

Bahkan untuk lebih meningkatkan kualitas dan profesional guru-guru dibidangnya, pihak sekolah juga akan mengkursuskan guru-guru tersebut agar memilki sertifikat. Sehingga guru-guru yang ada di sekolah tersebut betul-betul berkompeten di bidang masing-masing. Dengan pelatihan dan voaksi ini diharapkan bisa meningkatkan keterampilan anak-anak dan keterampilan itu juga diharapkan bisa diakui dengan adanya sertifikat yang dimiliki oleh siswa.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.