Menu

Mode Gelap

Dinamika · 4 Apr 2022 16:21 WITA ·

Sistem Kelistrikan Sumbawa Miliki Cadangan 15,53 MW, PLN Siap Pasok Listrik MXGP 2022 di Samota


					FOTO. Inilah kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa yang akan menjadi lokasi ajang balap motocross dunia bertajuk MXGP 2022 mendatang. (FOTO. RUL/DS) Perbesar

FOTO. Inilah kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa yang akan menjadi lokasi ajang balap motocross dunia bertajuk MXGP 2022 mendatang. (FOTO. RUL/DS)

MATARAM, DS – Setelah sukses menghadirkan listrik tanpa kedip pada perhelatan internasional MotoGP Mandalika. Kini, PLN kembali bersiap untuk melistriki event internasional bertajuk Motocross Grand Prix (MXGP) yang rencananya akan segera digelar di kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni tahun 2022 mendatang.

General Manager PLN NTB, Sudjarwo menegaskan, bahwa PLN siap mendukung semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di NTB, baik yang digelar di Pulau Lombok maupun di Pulau Sumbawa.

Menurut dia, dukungan ketersediaan listrik ini, adalah upaya PLN setempat menjawab permohonan dukungan ketersediaan pasokan listrik untuk gelaran akbar dunia yang dikirimkan Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah.

“Pada prinsipnya PLN siap mendukung MXGP. Infrastruktur kelistrikan dan juga Sumber Daya Manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP. Jadi, pernyataan kami ini juga menjawab surat yang dikirim oleh Pak Bupati Sumbawa,” kata Djarwo pada wartawan, Senin (4/4).

Ia mendaku, pihaknya melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa, terus melakukan koordinasi, baik dengan pelaksana event maupun stakeholder terkait untuk mempersiapkan insfrastruktur kelistrikan yang diperlukan selama MXGP berlangsung, hingga saat ini.

Dipastikan, lanjut Djarwo, tahapan yang akan dilewati untuk melistriki MXGP adalah sama dengan tahapan yang diimplementasikan untuk MotoGP. Yakni, survey awal dilakukan untuk menentukan besaran daya listrik yang diperlukan dan juga titik titik lokasi penting yang harus dilistriki.

“Setelah kita mengetahui kebutuhan dan jumlah titiknya, PLN akan bergerak untuk membuat masterplan jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian kita akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi,” jelas dia.

Djarwo menambahkan, sejauh ini, kondisi sistem kelistrikan Sumbawa, masih dalam posisi normal sejauh ini. Di mana, total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW.

“Jadi, masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain,” tandas dia. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Acara Molor Satu Jam, Danrem Kritik Pengurus PW GMNU NTB Soal Kedisiplinan

22 Mei 2022 - 06:32 WITA

Sayembara Buat Tagline Bibit Unggul NTB, Berhadiah Menarik

21 Mei 2022 - 15:32 WITA

Penjualan Listrik Meningkat, PLN : Tanda Ekonomi Bangkit

21 Mei 2022 - 06:48 WITA

Tekan Emisi Karbon, Co Firing PLTU di Sumbawa Hasilkan 300 MWh Per Bulan

20 Mei 2022 - 17:34 WITA

Desa Menggala Siap Gelar “Gawe Gubuk”

19 Mei 2022 - 19:11 WITA

Tak Ada Pemberian Gelar Wali Paer ke Gubernur, MAS : Acara Adat Untuk Kukuhkan Ketua ASLI

18 Mei 2022 - 17:52 WITA

Trending di Dinamika