Berbagi Berita Merangkai Cerita

Simulasi Tatap Muka, Kemenag Lotim Siap Berlakukan Sistem Shift dan Blok

21

SELONG, DS – Simulasi pembelajaran dengan tatap muka akan dilaksanakan di Lombok Timur pada tanggal 09 November mendatang. Demikian dikatakan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kasi Penmad Kemenag) Lombok Timur, Zainul Arkam, saat dijumpai wartawan, Senin (02/11/2020).

Pernyataan tersebut mengacu pada surat edaran Nomer 42/1.1/1382/Dikbud/2020 tertanggal 27 Oktober 2020. “Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kadis Dikbud, bahwa kegiatan simulasi itu akan dilaksanakan pada tanggal 09 November,” tutur Zainul.

Zainul mengatakan sekolah yang berada dibawah naungan Kemenag Lombok Timur telah bersepakat menerapkan sistem Shift dalam simulasi pembelajaran tatap muka. Yaitu dengan cara membagi siswa dalam kategori waktu pembelajaran.

Selain itu akan diberlakukan juga penerapan sistem blok dengan cara membagi hari belajar bagi masing-masing kelas. “Misalnya, hari senin dan rabu untuk kelas 1. Hari selasa dan jumat untuk kelas 2, kemudian rabu dan sabtu untuk kelas 3,” rincinya.

Sementara terkait jam belajar pun tidak mengalami perubahan. Hanya diperbolehkan maksimal tiga jam untuk pemberlakuan belajar dalam simulasi tatap muka ini. Tentunya, sekolah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Sekolah harus memastikan ketersediaan tempat cuci tangan, penggunaan masker, penerpan jaga jarak, dan sebagainya,” tuturnya.

Simulasi ini akan dilaksanakan oleh seluruh satuan pendidikan. Mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hingga setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.