Menu

Mode Gelap

Politik · 25 Sep 2019 14:26 WITA ·

Silaturahmi Anggota DPR RI, Bupati Rancang Pemekaran Desa


					Bupati Lotim bersama H.nanang Samodra Perbesar

Bupati Lotim bersama H.nanang Samodra

SELONG, DS-engan jumlah penduduk terbesar di banding kabupaten/kota lainnya di NTB, Kabupaten Lombok Timur memiliki permasalahan yang komplek. Hal itu disampaikan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy pada acara  Silaturahmi Anggota DPR-RI Ir. H. Nanang Samodra KA, M.Sc., Rabu (25/09).

Penduduk yang besar dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang banyak, prevalensi stunting yang tinggi, kasus gizi buruk, dan persoalan lain, berdampak pada rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Timur.

Karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur berupaya membenahi kondisi tersebut dengan peningkatan layanan kesehatan, pendidikan, juga peningkatan income per kapita. Langkah itu diharapkan dapat meningkatkan pula IPM Lombok Timur dan mewujudkan Lombok Timur yang adil, sejahtera, dan aman.

Terkait silaturahmi sekaligus penyerahan bantuan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBe) yang berasal dari dana aspirasi ini, Bupati menyampaikan terimakasihnya. Ia melihat hal ini sebagai salah satu ikhtiar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat disamping sebuah jalinan kerjasama yang baik dari tingkat bawah hingga ke Pusat. Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen anggota dewan terhadap perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu usai penyerahan bantuan yang dilakukan secara simbolis, Nanang Samodra mengingatkan kepada para penerima untuk memanfaatkan dana secara baik. Ia berpesan agar dalam setahun dana tersebut berhasil merubah hidup para penerimanya. Karena itu ia berpesan kepada Dinas Sosial dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dapat memberikan pendampingan untuk optimalnya penggunaan dana.

Nanang juga mengingatkan dinas terkait untuk melakukan verifikasi data KUBe yang membutuhkan bantuan agar tidak menimbulkan masalah. Sebab di tingkat Pusat kerap tidak jelas sehingga yang turun tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Politisi partai Demokrat ini menyebutkan bantuan ini dimaksudkan untuk menurunkan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mendorong Pemerintah Lombok Timur untuk melakukan pemekaran desa dan kecamatan guna menjaring dana yang lebih besar, utamanya untuk dana desa.

Pemerintah Lombok Timur sendiri telah memersiapkan pemekaran tersebut. Sebagai langkah awal saat ini tengah dilakukan proses pemekaran dusun. Pada tahun 2020 rencananya dilakukan pemekaran desa dan dilanjutkan dengan pemekaran kecamatan.

Pada acara yang berlangsung di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur tersebut dilakukan penyerahan dana bantuan kepada KUBe Mulia, KUBe Pada Angen, dan KUBe Semangat Jaya.hm

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jelang Pilkada Serentak 2024, M16 Prediksi Golkar, Gerindra dan PDIP NTB Sulit berpisah Jalan

21 Mei 2022 - 16:59 WITA

PPP NTB Siap Jadi Pemenang Pileg 2024

18 Mei 2022 - 17:49 WITA

Soal Pelayanan Mudik 2022, Puan Maharani Apresiasi Kerja Pemerintah dan TNI-Polri

17 Mei 2022 - 17:11 WITA

Isu Caleg Impor, Mik Sudi : Masyarakat Sudah Cerdas Pilih Wakil Terbukti Kerjanya

17 Mei 2022 - 07:03 WITA

Puan: Waisak Momentum Refleksikan Pentingnya Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan

16 Mei 2022 - 17:47 WITA

Penuhi Kriteria Pemimpin, Masinton : Mbak Puan Ditempa Sejarah dan Waktu Sejak Remaja

16 Mei 2022 - 17:44 WITA

Trending di Politik