Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sidang Majelis Stakeholders V LPA NTB Diharapkan Hasilkan Rekomendasi Terbaik

42

Mataram, DS-Sidang Majelis Stakeholders V LPA NTB Masa Bhakti 2015-2020 berlangsung di Hotel Santika Mataram, Rabu (5/8). Sidang sekaligus untuk menghasilkan rekomendasi serta mencari figur pimpinan LPA periode berikutnya.

Hadir Kepala Dinas Sosial NTB, Ahsanul Khalik. jajaran pengurus LPA NTB termasuk para ketua di kabupaten kota serta sejumlah organ organisasi. Acara itu juga membahas pertanggungjawaban pengurus LPA setempat.


Kepala Dinas Sosial NTB, H.Ahsanul Khalik, mengemukakan bahwa sidang majelis tak sekadar perubahan kepengurusan melainkan juga memberikan rekomendasi terbaik dari provinsi hingga desa untuk pelayanan perlindungan anak.


“Ketika ada rekomendasi perlu LPA melakukan perbaikan struktural dan program kerja yang sesuai dengan saat ini,” kata Ahsanul seraya menambahkan kasus kekerasan anak makin beragam bahkan dengan prilaku di luar nalar.


Ia mencontohkan anak yang melakukan kekerasan seksual terhadap adiknya. sang ayah tak mau menghukum dan sang ibu minta cerai.

Menurutnya, situasi kekerasan terhadap anak sudah dalam tahap memprihatinkan dan perlu jadi perhatian serius. Kata Khalik, pemerintah tak bisa bergerak sendiri sehingga butuh kebersamaan termasuk dari LPA di kabupaten.

“Kami punya pekerja sosial yang bisa diajak kerjasama. koordinasi dengan NGO akan terus dibangun.” cetusnya.


Menurut Khalik, LPA memiliki peran strategis. Karena itu apa yang lemah perlu penguatan sehingga pada sidang majelis ini perlu dilakukan perbaikan.

Ia menegaskan Pemprov akan memberi dukungan sesuai tupoksi yang diamanatkan UU dan masyarakat yang jadi sasaran pelayanan.

“Sidang majelis dipergunakan sebaiknya dengan memilih tanpa kepentingan diri melainkan kepentingan anak. Karena itu pilih mereka yang jadi pelayan sosial yang pahami kondisi anak anak NTB,” ujarnya seraya berharap sidang bisa memunculkan program kerja yang dibutuhkan. Pun ada rekomedasi khusus bagi pemerintah agar pemerintah bisa melakukan perbaikan. ian

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.