BSK Samawa

Setor Hafalan Sekali Duduk, Cara Ponpes Unwanul Falah Raih Pahala di Bulan Ramadhan

Selong, DS- Selama Ramadhan, santri Jamiatul Qurro’ wal Huffaz Pondok Pesantren Unwanul Falah NWDI Pao’ Lombok mengisi kegiatannya dengan melakukan muroja’ah hafalan Al Qur’an.

Para santri menyetor hafalan Al-Quran. Uniknya setoran ini diselesaikan sekali duduk. Santri dengan penuh dedikasi mengikuti kegiatan setoran hafalan Al-Quran yang menjadi tradisi rutin di bulan suci ini.

“Kegiatan setoran hafalan ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan hafalan para santri terhadap ayat-ayat suci Al-Quran,” ucap Mudhir di Pondok Pesantren Unwanul Falah, Ustadz Muhayyan, Senin (19/053/2024).

Setiap hari, ujarnya, para santri dari berbagai tingkatan kelas bergiliran menyetorkan hafalan mereka di hadapan para mustamiq.

Dia mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi para santri untuk meningkatkan kualitas hafalan mereka.
“Di bulan Ramadhan ini, semangat para santri untuk menghafal Al-Quran semakin tinggi. Mereka ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkannya juga dapat melahirkan para hafidz Qur’an yang menjadi penerus dakwah Islam di masa depan.

Salah satu santriwati, Laelatul Najwa, mengaku senang mengikuti kegiatan setoran hafalan.

“Saya merasa lebih termotivasi untuk menghafal Al-Quran dengan mengikuti kegiatan ini. Saya juga bisa saling menyemangati dengan teman-teman santri lainnya,” tuturnya.

Kegiatan setoran hafalan ini tidak hanya melatih hafalan para santri, tetapi juga membangun karakter dan kedisiplinan mereka.

Para santri belajar untuk fokus, tekun, dan pantang menyerah dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Quran.

Tradisi setoran hafalan di Pondok Pesantren Unwanul Falah Paok Lombok menjadi bukti komitmen pesantren dalam membina generasi muda Islam yang berakhlak mulia dan cinta Al-Quran.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.