Berbagi Berita Merangkai Cerita

Setelah Uji Kompetensi Pejabat, “Talent Pool” akan Digelar Jaring Calon Pejabat Lotim

54

SELONG, DS – Dalam waktu dekat akan dilaksanakan uji kompetensi terhadap seluruh pejabat eselon II di Kabupaten Lombok Timur. Uji kompetensi ini bertujuan untuk menempatkan pejabat berdasarkan kompetensi yang sesuai dengan jabatan yang diembannya.

“Tujuan uji kompetensi ini adalah menghadirkan pejabat tinggi pratama, yang kompetensinya sesuai dengan jabatan yang sedang diemban,” ujar Sekda Lombok Timur, H.M Juaini Taofik, saat ditemui usai gelaran jumpa pers Jumat (26/06/2020).

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, uji kompetensi bagi pejabat di Lombok Timur, dilaksanakan berlandaskan pada Permenpan nomer 38 Tahun 2017, tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN. Permenpan itu juga sebagai landasan pelaksanaan talent pool (rencana suksesi).

Talent pool sendiri merupakan langkah penyaringan, guna menyediakan ASN berkualitas untuk mengisi pos-pos jabatan tertentu. Tentunya dengan mengacu pada latar belakang keilmuan, pengalaman, maupun kualitas individu ASN tersebut.

Pada uji kompetensi pejabat ini, nantinya akan diikuti oleh 35 orang pejabat eselon II. “Jumlah pejabat eselon II itu kan 38, yang ikut sekarang itu 35. Yang tidak itu Sekda, Kepala BPKAD karena baru tiga bulan. Kadisnakeswan, masih kosong,” jelasnya.

Bagi ke-35 pejabat eselon II di Lombok Timur tersebut, diharuskan untuk mengikuti uji kompetensi. Jika tidak bersedia mengikuti uji kompetensi, maka pejabat tersebut dianggap mengundurkan diri.

Setelah menggelar uji kompetensi bagi pejabat eselon II, Pemda Lombok Timur juga akan menggelar Talent Pool, yang direncanakan untuk dilaksanakan juga pada penghujung tahun 2020 ini.

“Pada akhir tahun, kita akan gelar Talent Pool. Sebagai pintu masuk kita untuk menyiapkan pilihan-pilihan yang hebat,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.