Berbagi Berita Merangkai Cerita

Seni Qasidah Berdampak Positif bagi Generasi Milenial

36

Festival LASQI Lombok Timur

Selong,DS- Perkembangan kesenian qasidah dapat memberikan dampak positif, terutama bagi anak-anak generasi milenial. Harapannya, Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) dapat mendorong dan mengembangkan seni qasidah serta memotivasi anak-anak muda agar mencintai seni budaya bernuansa islami.

Hal itu disampaikan oleh wakil bupati H. Rumaksi Sj pada Festival Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Tingkat Kabupaten Lombok Timur pada Selasa (7/9) di Pendopo Wakil Bupati.

Wabup juga menyampaikan bahwa Lasqi akan mewakili Lombok Timur di ajang tingkat nasional, karena itu semua hal harus dipersiapkan dengan baik. Beliau juga mengingatkan agar peserta diajarkan untuk disiplin.

“Anda mewakili 1,3 juta penduduk Lombok Timur, maka tampilkan yang terbaik. Anda adalah petarung hebat, masih banyak waktu dan lakukan pelatihan dengan disiplin,” tegasnya.

Wabup juga mengingatkan agar Lasqi dapat menerima masukan dan kritik untuk pengembangan, “Terima masukan yang diberikan, betul-betul diterima lalu diimplementasikan,” katanya.

Ia berpesan kepada pembina Lasqi agar memberikan pelatihan bagi anggota Lasqi. Ia meyakini pengembangan potensi tersebut akan menghasilkan anggota-anggota yang memiliki jiwa seni yang bernafaskan islam.

Sementara itu, Ketua DPD Lasqi kabupaten Lombok Timur, Sitti Kudsiah Rumaksi, menyampaikan bahwa Lasqi sudah berkiprah di tingkat nasional untuk mewakili NTB dalam festival qasidah. “Dewan juri akan mengevaluasi dan memilih 10 orang sebagai duta Lombok Timur,” ungkap beliau.

Beliau berharap agar 10 orang tersebut dapat mewakili NTB di tingkat nasional seperti senior kondang dari Lasqi: Sulis dan Eva.

Pada acara tersebut ditampilkan pula tarian kolaborasi Sanggar Datu Selaparang yang ada di bawah naungan Lasqi Lombok Timur.hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.