Sempat Berusaha Kabur namun Dibekuk Tak Berkutik, Inilah Pencuri Spesialis Rumah Kosong

Spesialis pencuri di rumah kosong yang dibekuk polisi

Lombok Tengah, DS – Tim Resmob Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lombok Tengah bersama Polsek Praya berhasil membekuk seorang pencuri berinisial MIS (38) yang dijuluki spesialis maling di rumah kosong.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat SIK melalui Kapolsek Praya IPTU Susan V Sualang, di Praya, Selasa, mengatakan pelaku MIS ditangkap di Jalan raya depan SPBU Mujur Kecamatan Praya Timur pada Senin sekitar pukul 14.00 Wita, saat akan pergi ke Lombok Timur.

“Pelaku ini merupakan pencuri yang beraksi saat rumah sedang kosong di Jalan Rinjani, Kelurahan Praya, Kecamatan Praya, Lombok Tengah,” kata Susan seraya mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil interogasi, pelaku mengakui perbuatannya pada hari Minggu tanggal 17 Desember 2023. Pelaku merupakan resedivis karena baru empat bulan yang lalu selesai menjalankan hukuman dengan kasus yang sama.

“Pelaku adalah resedivis yang empat bulan lalu menjalankan hukuman dengan kasus yang sama dan melancarkan aksinya kembali pada Minggu 17 Desember 2023,” ungkapnya.

Susan membeberkan, dari keterangan korban TA, seorang anggota Polri, saat kejadian itu ia bersama istri dan anak-anaknya sedang tidak berada di lokasi alias rumah dalam keadaan kosong.

“Waktu pulang ke rumahnya, korban mendapati pintu rumah belakangnya dalam keadaan terbuka dan rusak,” sebutnya.

Mengetahui hal tersebut korban kemudian masuk kedalam kamar dan mendapati lemari tempat menyimpan sejumlah barang berharga miliknya sudah berantakan.

“Dari kejadian itu, korban kehilangan sejumlah perhiasan emas berupa enam emas batangan, tiga kalung emas, dua liontin kalung emas, tiga buah cincin emas dan empat buah gelang emas dengan total kerugian Rp 180.000.000-,” ucap Susan.

Di tempat terpisah Kasat Reskrim iptu Hizkia Siagian, SIK saat di konfirmasi membenarkan kejadian tersebut, ia menyampaikan saat ini terduga pelaku masih diamankan di Polsek Praya.

“Untuk sementara terduga pelaku kita amankan dulu di polsek praya berikut dengan barang bukti guna penyelidikan lebih lanjut,” ujar Hizkia

Ia juga menyampaikan bahwa pada saat penangkapan terhadap pelaku, tim melakukan tindakan tegas terukur karena berusaha kabur serta menyita barang bukti sejumlah emas yang diduga milik korban dan satu unit HP merk Redmi.

“Atas perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 363 KUHP Subsider Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara,” tutup Hizkia

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.