Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 25 Mei 2017 16:12 WITA ·

SEMBALUN DIJADIKAN LUMBUNG PRODUKSI BAWANG NASIONAL


					Penanaman bawang putih bersama disusun Lebak Daye  desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur (Rabu, 24/05/2017). Perbesar

Penanaman bawang putih bersama disusun Lebak Daye desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur (Rabu, 24/05/2017).

LOTIM,DS-Sembalun, kawasan Gunung Rinjani Kabupaten Lombok Timur akan dijadikan lumbung penyangga produksi bawang putih nasional. Hal ini ditegaskan Menteri Pertanian RI, Andy Amran bersama Menteri BUMN, Rini Soemarno, dan Menteri PDT & Transmigrasi, Eko Sapto Sujdoko didampingi Wakil Gubernur NTB, H.Muh. Amin, S.H., M.Si., dan Wakil Bupati Lombok Timur, saat melakukan penanaman bawang putih bersama disusun Lebak Daye desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur (Rabu, 24/05/2017).

“Tiga menteri sekaligus datang ke sini menunjukkan komitmen pemerintah terhadap Sembalun ini,” tegas Mentan yang melanjutkan perjalanan dari Lombok International Airport (LIA) menuju Sembalun menggunakan helikopter.

Sembalun ditetapkan sebagai lumbung bawang putih nasional cukup beralasan bagi pemerintah pusat. Sembalun memiliki 10.000 hektar lahan potensial. Sedangkan saat ini, sebanyak 300 ha lahan akan digunakan untuk menanam bawang putih. Selain bawang putih, berbagai tanaman holtikultura juga dikembangkan di daerah ini. Sembalun juga menjadi destinasi wisata.

Dengan perpaduan pertanian dan pariwisata, maka Sembalun menjadi destinasi andalan NTB sekaligus menjadi sentra dan penyokong pertanian nasional. Kedua potensi tersebut dapat mendorong kesejahteraan masyarakat NTB, khususnya di Lombok Timur.

Kegiatan yang mengusung tema Bersama Membangun Kejayaan Sembalun tersebut menjadi komitmen pemerintah, dengan memberikan dukungan peralatan pertanian berupa kultivator, traktor, KUR dan kartu tani. Selain itu, Mentan menargetkan dalam waktu dua tahun, swasembada bawang putih dapat tercapai.

Namun, Mentan menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu membangun embung dan pemanfaatan lahan selama ini belum dilakukan secara optimal.

“Kami targetkan 10.000 hektar di Sembalun ini untuk tanaman bawang putih. Kalau ini tercapai, maka stok bawang putih nasional akan aman,” ungkapnya di hadapan ratusan masyarakat Sembalun.

Dengan pencapaian terget tersebut menurut Mentan, tidak akan ada impor bawang putih, bahkan yang ada Indonesia akan mengekspor komoditas tersebut. Sementara itu, menteri BUMN dan PDT berkomitmen menjadikan Lombok Timur sebagai daerah zero miskin. Artinya, dengan pemberdayaan lahan pertanian dan pariwisata, maka akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Wagub NTB yang mendampingi para menteri, menyampaikan kunjungan tersebut akan memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Ini membanggakan dan sejarah bagi masyarakat. Sembalun menyimpan berbagai kekayaan dan potensi, khususnya holtikultura. Rinjani menjadi tempat wisata. Kunjungan wisatawan 3,5 juta. Berbagai infrastruktur sangat dibutuhkan, seperti dam dan bendungannya untuk mendukung produksi pertanian dan mendukung kemandirian nasional. Tahun 2017 merupakan tahun akslerasi. Potensi lahan di NTB masih luas untuk pengembangan holtikultura dan komoditas lainnya. Hms/r.rabbah

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

DPRD Minta Pemenuhan Modal Inti Bank NTB Syariah jadi Perioritas

23 Mei 2022 - 16:13 WITA

‘Begawe Ngujur’ Cara Nelayan Ampenan Sambut Kunjungan PLN

21 Mei 2022 - 15:36 WITA

Sarapan di Mataram, The Sultan Food Aja

20 Mei 2022 - 17:36 WITA

PT DNA akan Menyerap Semua Jagung Petani

18 Mei 2022 - 16:39 WITA

JMSI Apresiasi KBRI Madrid dan Dubes RI Kerajaan Spanyol Bangun Poros Global

17 Mei 2022 - 17:49 WITA

Tambah Satu Mobil Tangki Lagi, HBK PEDULI Tingkatkan Suplai Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

17 Mei 2022 - 17:09 WITA

Trending di Ekonomi