Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 28 Sep 2019 06:48 WITA ·

Selly Ajak UKMM NTB Cerdas Gunakan Medsos untuk Pasarkan Produk


					Kadis Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani saat membuka Talk show UMKM Go Digital Perbesar

Kadis Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani saat membuka Talk show UMKM Go Digital

MATARAM, DS – Dinas Perdagangan (Disdag) NTB bekerjasama dengan Mataram Kreatif (MK) menggelar Talk Show UMKM Go Digital di Kafe Acibara Gegutu, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Jumat (27/9) petang.

Kadis Perdagangan NTB, Hj. Putu Selly Andayani, mengatakan adanya  smartphone alias gadget maka informasi di belahan dunia akan mudah diakses. Menurut Selly, orang beranggapan kini ketinggalan dompet tak seburuk ketinggalan smartphone. Begitu lekatnya keterikatan dengan smartphone karena kebutuhan akan internet makin membuat ketergantungan.

“Karena kemudahan yang diberikan jaringan untuk berkomunikasi membuat smartphone menjadi perangkat yang penting. Sehingga, perlu kita positif menggunakannya,” ujar Selly saat membuka talk show UMKM Go Digital.

Ia menegaskan, dengan pesatnya akses informasi melalui media sosial (medsos) yang begitu cepat akhir-akhir, UMKM di NTB harus bisa mengambil peran strategis mengingat barang yang dihasilkan UMKM akan sangat mudah untuk dipasarkan.

“Sekarang ini, dengan kita hanya pegang handphone, barang-barang UMKM tinggal dipasarkan saja. Ini baik, karena akan bisa memutus mata rantai pemasaran. Yakni, biasanya ada fee jika barang UMKM masuk ke toko, tapi dengan kita upload di medsos, maka ketidak jujuran itu bisa kita tekan,” tegas Selly. “Hasil penjualan barang yang kita pasarkan sendiri, tentu keuntungannya akan lebih banyak bagi para UMKM itu sendiri,” sambung dia.

Terkait permodalan bagi UMKM, Selly mengaku telah membuka kerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI). Karena, tanpa permodalan maka UMKM tidak akan bisa bergerak signifikan untuk memulai usaha mereka.

“Maka dari itu, kita buat I-Shop itu untuk menfasilitasi produk UMKM dari sisi pemasarannya. Jadi, melalui I-Shop milik kami maka semua hasil produk UMKM akan kita bantu ke akses pemasarannya,” kata Selly.

Ia menjelaskan, UMKM Go Digital merupakan sebuah program yang dibuat karena melihat kondisi UMKM sekarang ini yang masih dilakukan secara tradisional, di mana para pelaku usaha kesulitan memasarkan produk mereka. Kata Selly, UMKM Digital dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan pemasaran dari UMKM itu sendiri supaya melalui digitalisasi ini dapat merambah ke dunia internasional.

“Selain kita bantu ekspor produk UMKM, kita juga akan berupaya membantu standar produk UMKM dengan menggandeng MUI melalui timnya. Kerjasama dengan MUI sudah kita rancang dan tinggal berjalan dan dimanfaatkan saja,” tandas Selly Andayani.

Acara itu  dihadiri 100 UMKM se-Lobar dan Mataram yang kebanyakan terdiri dari kalangan mahasiswa, pelajar dan  masyarakat umum, khusunya usaha kecil dan menengah di dua wilayah tersebut.

Selain Kadis Perdagangan NTB,  para nara sumber talk show tersebut adalah Askar DG Kamis (Founder Bandar Sambal/Fasilitator Gogle Gapura Digital NTB). RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

‘Begawe Ngujur’ Cara Nelayan Ampenan Sambut Kunjungan PLN

21 Mei 2022 - 15:36 WITA

Sarapan di Mataram, The Sultan Food Aja

20 Mei 2022 - 17:36 WITA

PT DNA akan Menyerap Semua Jagung Petani

18 Mei 2022 - 16:39 WITA

JMSI Apresiasi KBRI Madrid dan Dubes RI Kerajaan Spanyol Bangun Poros Global

17 Mei 2022 - 17:49 WITA

Tambah Satu Mobil Tangki Lagi, HBK PEDULI Tingkatkan Suplai Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

17 Mei 2022 - 17:09 WITA

Harga Jagung Anjlok, Gubernur NTB Beri Solusi Jalur Ekspor

15 Mei 2022 - 19:09 WITA

Trending di Ekonomi