Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sekira 60% Pohon Pelindung Rawan Tumbang, DLHK Lotim Lakukan Penataan

54

Makripatullah, Kabid Pertamanan dan RTH

SELONG, DS – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Lombok Timur melalukan penataan pohon pelindung di sejumlah ruas jalan utama Kota Selong.

Penataan dilakukan untuk menciptakan rasa aman bagi pengendara yang melintas. Pasalnya, pepohonan jenis trembesi dan sengon tersebut termasuk kategori rawan tumbang.

“Yang rawan tumbang, hampir 60%. Karena rata-rata usia pohon di atas 8 tahun,” terang Kepala Bidang Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Makripatullah.

Dituturkannya, angka 60% tersebut menilik dari jumlah pohon yang ada di kota selong, yang jumlahnya mencapai 1.200 pohon. Belum lagi menilik data pohon rawan tumbang yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

Meskipun telah melakukan penataan selama dua bulan, pihaknya baru mampu menyelesaikan 185 pohon. Dikarenakan keterbatasan sumber daya yang ada di bidang pertamanan dan RTH. Dengan personil sebanyak 11 orang dan peralatan berupa sinso sebanyak 6 unit.

“Kemudian ada 1 mobil tangga yang sebenarnya diperuntukkan untuk PJU. Tapi kami manfaatkan untuk pemangkasan pohon,” tuturnya.

Selain melakukan penataan dengan pemangkasan, DLHK juga memiliki niatan untuk mengganti pohon-pohon tersebut dengan jenis yang memiliki nilai keindahan. Seperti bunga Tangi, Flamboyan dan Tabebuya.

“Kami ingin menata kota selong itu Beriman Menuju Asa. Artinya bersih, indah, rapi dan nyaman menuju kehidupan adil sejahtera dan aman,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.