Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sekda Lotim: Pakai Masker Keren, Tidak Pakai Masker Tidak Keren

0 20

SELONG, DS – Sekertaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, M. juaini Taofik mengeluhkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker dimasa tanggap darurat penanganan Covid-19. Sehingga sosialisasi penggunaan masker sangat perlu di intensifkan untuk meminimalisir resiko penularan virus Corona.

“Budaya masker ini tidak sederhana. Saya selalu mengatakan jauh lebih berat memastikan masyarakat menggunakan masker, dibandingkan dengan sekedar membagikan masker itu,” ucap Taofik saat menggelar jumpa pers dengan wartawan Lotim Rabu (22/04).

Memang masih banyak masyarakat yang merasa tidak nyaman menggunakan masker dalam beraktivitas. Namun, masyarakat juga harus mengetahui bahwa telah banyak studi dan bukti yang menunjukkan penggunaan masker sangat bermanfaat dimasa pandemi, seperti saat ini.

“Karena memang jujur tidak enak menggunakan masker, tapi kalau berbicara fungsinya sudah banyak studi, banyak buktinya masker ini bermanfaat,” tuturnya.

Ketidaksadaran masyarakat akan penggunaan masker, dapat dilihat dari tidak digunakannya masker yang telah dibagikan dengan alasan ketidaknyamanan.
“Jadi perlu membudayakan penggunaan masker ini. Menggunakan masker itu keren, tidak menggunakan masker itu tidak keren. Tagline ini mungkin yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Taofik juga memperkirakan, masker yang dibagikan ke masyarakat telah mencapai 1 juta. Baik itu masker yang didistribusikan oleh pemerintah, maupun yang dibagikan oleh relawan.

Diharapkan masyarakat Lombok Timur mulai membiasakan diri untuk menggunakan masker. Sebagai proteksi diri dan orang lain dari paparan virus yang bisa menyerang siapa saja. Terlebih dalam hitungan hari, umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. Dan aktifitas jual beli di pasar tetap berlangsung demi pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Tentunya, langkah perlindungan diri dari virus Corona perlu dilakukan dengan menggunakan masker.

“Lewat pak Camat, Kades, relawan, dan lain sebagainya, kami minta pastikan pemberlakuan social distancing, ada tempat cuci tangan. Minimal semua kita yang datang ke pasar, juga menggunakan masker,” imbaunya. Dd

Leave A Reply