Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sekda KLU Hadiri HUT DWP 2019

0 27

Tanjung, DS – Mewakili Bupati Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU) Drs. H. Suardi, MH menghadiri Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan (HUT DWP) ke-20 tahun 2019 bertempat di aula Kantor Bupati Lombok Utara, Selasa (10/12).

HUT DWP tahun ini dihadiri Kepala OPD lingkup Pemda KLU, Penasehat DWP KLU Hj. Rohani Najmul Akhyar dan para pengurus DWP KLU. Peringatan HUT DWP diawali dengan penilaian lomba table manner oleh dewan juri perlombaan untuk memeriahkan dua dasawarsa DWP se-Indonesia.

Ketua DWP Pusat dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua DWP KLU Hj. Laily Suardi menuturkan, tahun 2019 Dharma Wanita Persatuan genap berusia dua dasawarsa sejak dibentuk pada 1999, sehingga DWP di seluruh tanah air diharuskan memperingati 20 tahun kelahirannya yang jatuh pada tanggal 7 Desember dengan mengusung tema “Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”.

Mengilas balik sejarahnya, DWP termasuk rumpun organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina Aparatur Sipil Negara (ASN). Pada usia ke-20 tahun ini DWP patut berbangga lantaran telah menjadi organisasi perempuan yang besar.

Disampaikannya, laporan pelaksanaan program kerja DWP dengan sistem kerja unsur pelaksanaan mengacu pada Renstra DWP 2015-2019 menunjukkan hasil yang baik, tergambar dengan jelas, akurat sekaligus menggembirakan.

“Tanggal 11 dan 12 Desember 2019 kita akan melaksanakan Munas IV DWP. Kita diharapkan memiliki renstra 2020 – 2024 oleh pengurus DWP Pusat mengacu pada RPJMN 2019 – 2024. Renstra ini nanti akan jadi acuan perencanaan program kerja dari pusat sampai tingkat kelurahan. Setiap tahun diatur berdasarkan Road Map Proker DWP tahun 2020 – 2024,” tegasnya.

Dalam momentum yang berbahagia itu, ketua DWP mengajak pengurus dan anggota DWP di semua level organisasi di KLU secara kolektif bersama-sama berupaya meningkatkan kualitas sebagai anggota dan istri ASN. Selain itu, mampu bekerja secara profesional dan berjuang mengembangkan organisasi supaya lebih bermanfaat bagi seluruh anggota, bangsa, negara dan daerah tercinta.

Dalam pada itu, mewakili Bupati Lombok Utara, Sekretaris Daerah Drs.H. Suardi, MH dalam sambutannya menyampaikan salam Bupati H. Najmul Akhyar yang tidak bisa hadir lantaran menghadiri undangan yang sangat penting bagi Lombok Utara. Mengingat, lanjutnya, KLU menjadi salah satu daerah sasaran Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) seraya mengajak para undangan bersyukur atas kehadiran mereka. Begitu juga Wabup H. Sarifudin pada kesempatan perayaan HUT DWP sedang mengikuti kegiatan kedinasan di Mataram.

Pada kesempatan itu, H. Suardi juga mengingatkan kepada anggota DWP KLU untuk terus bersyukur lantaran dari sekian juta penduduk Indonesia, para suami anggota DWP termasuk sebagian kecil dari jumlah jutaan penduduk yang berprofesi sebagai PNS.

“Allah memberi amanah untuk itu (PNS-red). Banyak sekali yang mau tetapi Allah menetapkan lain. Dengan suami menjadi PNS maka ibu-ibu menjadi anggota Dharma Wanita,” terangnya.

“Maka sebagai bentuk rasa syukur, kita harus taat terhadap agama dan aturan negara sebagai istri dari suami ASN. Ibu-ibu harus taat dengan suami. Selamat HUT Dharma Wanita yang ke-20. Semoga ke depannya Dharma Wanita samakin maju, bangkit dan berkah” tutup sekda.

Di tempat yang sama, Penasehat DWP KLU Hj. Rohani Najmul Akhyar di hadapan Sekda dan hadirin menyampaikan, diusia 20 tahun DWP merupakan organisasi yang diperhitungkan dan menjadi mitra strategis untuk membangun bangsa dan negara.

“Tidak boleh kita sia-siakan kepercayaan pemerintah,” pesannya.

Disampaikannya, pada saat ini peran perempuan semakin nyata baik di dunia pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan pemerintahan. Apabila perempuan bisa meningkatkan kualitas pendidikannya maka ia dapat menularkan mutu dan kualitas pribadinya kepada orang lain.

Namun hal yang menjadi pekerjaan rumah bersama, tambah Rohani, bila dalam peningkatan mutu pendidikan tersebut kesejahteraan sosial tidak bisa diimplementasikan, bagaimana mungkin bisa menularkannya kepada orang lain sehingga diperlukan keselarasan di antara kedua aspek tersebut.

“Saya mohon kepada kita semua supaya bisa meningkatkan kualitas. Ibu-ibu kita harus tanamkan kepada diri masing-masing karena masa depan anak kita ada di tangan kita,” ajaknya.

Ketua TP PKK KLU ini juga mengingatkan para anggota DWP agar memberi contoh yang baik kepada anak-anak serta kepada para istri PNS yang lain sembari berharap terbangunnya sinergi, saling dukung dan saling berbagi untuk terus meningkatkan kualitas terbaik lantaran DWP wadah yang pas untuk kaum hawa.

Usai pemotongan tumpeng oleh Sekda, Penasehat DWP serta Ketua DWP KLU acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba table manner kepada Juara Harapan I UP Pemenang, Juara III UP Kecamatan Bayan, Juara II UP Kecamatan Tanjung, dan Juara I UP Kecamatan Kayangan. (sta/humaspro)

Leave A Reply