Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sekda Baru Siap Harmonisasikan Seluruh Elemen di Lombok Timur

0 29

SELONG,DS- Dalam pelantikan H. Juaini Taofik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda), Rabu (19/02/2020), Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy berpesan agar Sekda menjalankan fungsi harmonisasi, sinkronisasi dan fasilitasi.

Menjawab perintah Bupati, Juaini Taofik mengatakan dirinya siap menjalankan fungsi-fungsi yang disebutkan oleh Bupati tersebut. Hal ini dikatakannya kepada wartawan usai dirinya resmi di lantik sebagai Sekda.

Menurut Juaini, fungsi-fungsi yang tersebut bermuara pada peran Sekda selaku pembantu Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan visi misinya.

“Tapi kalau kita peras ujung-ujungnya, tetap saja Sekda selaku koordinator perangkat daerah, membantu Kepala Daerah mewujudkan visi dan misinya,” ucapnya.

Dikatakan lebih lanjut olehnya, harmonisasi antara Pemda dan berbagai pihak akan berusaha diwujudkan, termasuk dengan menyiapkan parameter dalam mengukur Kinerja OPD. Agar tercipta harmonisasi kerja dikalangan OPD dalam membantu perwujudan visi misi Pimpinan Daerah.

Bahkan Juaini mengklaim telah memiliki catatan tentang kinerja OPD selama ini. Namun, catatan tersebut bukanlah bagian yang akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja OPD.
“Paling tidak ada 38 OPD, geraknya ini harus kita sesuaikan. Kalau boleh saya mengatakan Sekda sebagai dirijennya. Kita yang harus sesuaikan,” ungkapnya.

Ia juga menyebut media sebagai salah satu parameter pengukur kinerja OPD. Keterbukaan informasi publik kepada media menjadi salah satu tolak ukur kinerja perangkat daerah.
“Karena Menpan RB sudah mengatakan ASN itu wajib melayani media masa, saya yakin itu juga menjadi salah satu parameter,” tandasnya.

Tidak ada Kepala Daerah yang menyelesaikan 100% visi misinya. Tetapi kita menuju itu. Nilai kita tergantung rakyat nanti,”

Salah satu gagasan yang dilontarkannya dalam Pansel Sekda lalu adalah dengan pengisian Talent Pool bagi pejabat eselon 3 dan eselon 4. Hal ini bertujuan agar Pemda Lotim memiliki pemetaan kompetensi ASN. Sehingga, tidak kesulitan menentukan sosok dalam mengisi sebuah jabatan.

“Ada ide besar saya waktu pansel, Talent Pool. Bagian dari merit sistem sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 tahun 2017, tentang manajemen ASN,” jelasnya. Dd

Leave A Reply