Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sejak Januari 2020, PKSAI Kota Mataram Fasilitasi Pelayanan 2.519 Kasus Anak

68

MATARAM,DS-Sejak Januari hingga 30 Juni 2020 Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) Kota Mataram  sudah memfasilitasi pelayanan sebanyak 2.519  kasus yang menimpa anak-anak.

Tim Supporting PKSAI Kota Mataram, Muhammad Fitriadi, Rabu (8/7), memaparkan kasus-kasus itu terdiri dari 1 kasus korban kekerasan fisik, 2 kasus korban kekerasan seksual, 9 kasus korban kekerasan eksploitasi.

Selain itu, terdapat 560 kasus anak rentan di bidang pendidikan, 1.422 kasus anak rentan di bidang sosial, 10 kasus anak terlantar, 92 kasus anak rentan disabilitas, 1 kasus anak rentan di bidang kesehatan, 411 kasus anak rentan di bidang adminduk, 2 kasus perebutan hak asuh, dan 9 kasus anak berhadapan dengan hukum.

“PKSAI Kota Mataram sendiri  adalah upaya yang terarah, terpadu, komperehensif dan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah Kota Mataram dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi dan melindungi hak anak,” terang pria yang akrab dipanggil Yedo ini seraya menambahkan bahwa promotor layanan berasal dari Unicef dan LPA NTB

PKSAI Kota Mataram yang lahir berdasarkan Perwal  No. 38 Tahun 2019 merupakan model layanan yang diselenggarakan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan. Tujuannya mencegah terjadinya hambatan dan gangguan pemungsian sosial pada anak dan keluarganya, memulihkan dan mengembangkan fungsi sosial anak, keluarga, dan lingkungan sosialnya sehingga anak tumbuh kembang secara optimal..

“Selama ini kita melihat layanan-layanan masih berjalan sendiri-sendiri sesuai tupoksi organisasi perangkat daerah. Antara organisasi perangkat daerah dan pekerja sosial masih bergerak dan menentukan sendiri layanan apa yang diberikan kepada anak rentan,” ujarnya.

Oleh karenanya sistem PKSAI ini dapat digunakan oleh layanan-layanan untuk lebih berinovasi lagi dalam bentuk program yang terarah, terukur, dan terintegratif mengingat sistem seperti ini sangat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan anak-anak di Kota Mataram. Dengan berintegrasi, pemerintah Kota Mataram juga akan mendapatkan keuntungan dari segi efisiensi anggaran yang diberikan kepada setiap layanan yang tergabung di dalam PKSAI.

Ia memaparkan strategi pengembangan PKSAI dilakukan antara lain dengan cara pemetaan program kegiatan yang ada dalam APBD yang mendukung program PKSAI untuk dokumen Rencana Aksi Daerah sehingga terarah dengan baik dalam intervensi yang akan dilakukan.

“Organisasi Perangkat Daerah melakukan layanan rentang anak secara terpadu melalui case conference jika diperlukan sehingga dampaknya anak rentan akan mendapatkan program yang lebih banyak. Membangun kebiasaan koordinatif yang produktif dalam melakukan intervensi layanan bagi semua pihak baik secara kontinu maupun secara insidentil sehingga terjalin koneksitas antar SKPD, lembaga, LSM,” paparnya.

Rujukan dan layanan yang disediakan dalam model PKSAI bertujuan untuk menghubungkan layanan perlindungan anak (seperti bantuan psikososial, pengasuhan alternatif dan bantuan hukum serta pendampingan bagi anak berkonflik dengan hukum), layanan penguatan keluarga (seperti konseling keluarga), dengan layanan perlindungan sosial dan kebutuhan dasar.

Sesuai SK Walikota Mataram Nomor : 1105/IX/2019,  Pembina PKSAI Kota Mataram adalah Walikota Mataram dan Wakil Walikota Mataram, Pengarah Sekretaris Daerah Kota Mataram serta  dinakhodai oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram.

Lanjut dia,layanan-layanan yang tergabung di dalam PKSAI adalah Kepolisian Resort Mataram, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Kementerian Agama, Bagian Hukum Setda Kota Mataram, Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Tim PKK Kota Mataram, Sakti Peksos Kota Mataram, LPA Kota Mataram, serta Non Government Organization wilayah kerja Kota Mataram.

Sejauh ini PKSAI Kota Mataram sudah melakukan pelayanan untuk anak-anak Kota Mataram, berdasarkan data pelayanan dari sekreretariat PKSAI Mataram yang beralamat di Jalan Jl. R.A. Kartini No.3, Monjok Tim., Kec. Selaparang, Kota Mataram. ian

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.