Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sebanyak 800 PMI Lotim akan Dikarantina

20

Suasana kedatangan PMI

SELONG, DS – Diperkirakan dalam dua bulan kedepan, sebanyak 700-800 Pekerja Migran Indonesia (PMI) akan kembali dari Malaysia ke Lombok Timur.

Para PMI ini akan langsung dikarantina untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pembawa virus Corona. Seperti yang dilakukan terhadap PMI yang datang pada Kamis (21/01).

Sebanyak 79 orang langsung dikarantina di Rusunawa Labuhan Lombok. Dan diantaranya terdapat dua orang anak.

Penjemputan PMI yang terkena repatriasi oleh Pemerintah Malaysia dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Timur, dengan menggunakan tiga armada Bus Damri.

“Langkah ini bertujuan untuk memastikan seluruh PMI yang pulang dalam keadaan steril dari Covid 19, sebelum mereka berkumpul dengan keluarga,” tutur Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Lombok Timur, M. Juaini Taofik.

Ia juga memastikan kepulangan para PMI ini telah terpantau sejak masih berada di negara penempatan. Baik oleh Kementerian Ketenagakerjaan, maupun oleh pemerintah daerah.

Bahkan Bupati selaku ketua Gugus Tugas telah memerintahkan jajarannya untuk memfasilitasi karantina PMI yang baru pulang tersebut. “Insyaallah kami akan merapid antigen seluruh PMI tersebut,” ujarnya.

Bahkan selama karantina, keluarga PMI juga tidak dizinkan untuk membesuk ke Rusunawa. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.