Sebanyak 4 Anggota Unit SAR Lotim Ikuti Jambore Potensi SAR Nasional di Jakarta

Selong,DS – Pj Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik melepas 4 anggota Unit SAR mengikuti Jambore Potensi SAR Nasional di Cibubur Jakarta, Selasa 21 November 2023.

Jambore yang digelar BASARNAS itu dijadwalkan berlangsung selama 4 hari mulai 26 – 30 November 2023. Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan sarana menguji berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam upaya pencarian dan pertolongan.

Meski terbilang sebagai anggota baru, tetapi 4 anggota SAR itu sudah memiliki sertifikat SAR Nasional sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan.

Didampingi Kepala Pelaksana BPBD Lotim, Lalu Mulyadi, PJ Bupati memotivasi anggota SAR yang akan berangkat agar tetap semangat, menjaga kekompakan dan berupaya optimal memberikan yang terbaik.

“Ikuti dengan baik. Kalau orang bisa, kita juga bisa,”ucapnya.

Pria yang akrab dipanggil kak Ofik ini berharap, agar pengalaman yang didapatkan pada kegiatan yang akan diikuti 43 perwakilan Kantor Basarnas di Indonesia itu dapat ditransfer kepada anggota lainnya. Lebih lagi, tambahnya, anggota SAR merupakan bagian dari rencana pembentukan tim reaksi cepat penanggulangan bencana hidrometeorologi.

Dia mengingatkatkan mulai masuknya musim hujan, Tim Tanggap Bencana Hidrometeorologi (Tabah) diharapkan dapat menangani sejumlah potensi bencana seperti banjir.

“Namun kita yakin SAR dan Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD Lombok Timur mampu bergerak maksimal apalagi kita memiliki 32 orang anggota SAR yang sudah memiliki sertifikat dengan skill individu dalam penanggulangan bencana,”imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.