BSK Samawa

Sebanyak 24.507 Pemilih Pemula Tuntas Perekaman e- KTP

SELONG,DS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur (Lotim) terus berupaya menuntaskan data perekaman e KTP bagi pemilih pemula yang akan memiliki hak suara pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Berdasarkan data dinas tersebut jumlah pemilih pemula di Lotim mencapai angka 40.914 orang pemilih.

Dukcapil pun akan bekerja lebih ekstra supaya sebelum digelarnya pemilu pemilih pemula telah tuntas melakukan perekaman. Hal itu dilakukan dengan memperkuat kerjasama semua pihak, terutama dengan pemerintah desa dan satuan pendidikan dalam hal ini jenjang pendidikan SMA atau sederajat.

“Dari 40.914 jumlah pemilih pemula sampai saat ini yang telah melalukan perekaman sebanyak 24 507. Sisa yang belum 17.407, ” sebut Sekdis Dukcapil Lotim Arfani M Masany.

Para pemilih pemula yang telah melakukan perekaman terang dia sebagian besar telah dicetak e- KTPnya. Dan yang belum dicetak sekitar 10 ribu orang. Sebagaian besar data pemilih pemula ini ujar Arfani adalah mereka yang masih berstatus pelajar di jenjang pendidikan SMA.

“Sebagian lagi masyarakat umum diluar yang berstatus pelajar, ” ungkap Arfani.

Ketika ditanya apakah pemilih pemilu yang telah melakukan perekaman, namun e KTP nya belum dicetak apa tetap diperbolehkan menyalurkan hak suaranya, dijawab Arfani pihaknya masih masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Karena mengacu pada aturan, pemilih yang boleh menyalurkan hak suaranya adalah mereka yang telah memiliki e – KTP.

“Kita belum tau pasti apakah nanti boleh menggunakan surat keterangan (Suket) pengganti e KTP sementara atau kah menggunakan KTP digital. Tapi itu belum bisa kita pastikan ,soalnya di aturan yang ada sekarang hanya diperbolehkan bagi mereka yang sudah punya KTP, ” ucapnya.

Karena itu, pihaknya akan berupaya untuk segera menuntaskan perekaman pemilih pemula ini. Pihaknya pun terus memperkuat kolaborasi dengan pemerintah desa dan juga sekolah – sekolah ” Termasuk dengan berbagai unsur terkait lainnya kita juga perkuat kerjasama. Kita upaya agar data pemilih pemula segera selesai melakukan perekaman,” imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.