BSK Samawa

Sebanyak 122 Personil Dikerahkan Polres Lombok Utara Amankan Rapat Pleno Kabupaten

Lombok Utara, DS- – Polres Lombok Utara mengerahkan 122 personil untuk mengamankan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dalam pemilihan umum tahun 2024 tingkat Kabupaten Lombok Utara, yang berlangsung di Ballroom Hotel Medana Bay Marina, pada Minggu (3/3/2024) pukul 09.00 Wita.

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro, S.I.K, M.Si mengatakan, personil Polres Lombok Utara diturunkan dengan kekuatan penuh karena hari ini merupakan hari pertama rapat pleno dilakukan.

“Untuk pengamanan sendiri kita all out baik itu dari personil Polres, maupun personil rekan-rekan Kodim 1606 Mataram yang saat ini standby. Karena TNI adalah Kekuatan bagi kami untuk pengamanan,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, 122 orang personil tersebut dibagi menjadi tiga lapisan pengamanan, yaitu di jalan masuk menuju medana bay marina, pintu gerbang utama, dan di luar ruang rapat.

“Adapun persiapan yang dilakukan berupa persiapan dengan menjaga jalur lalu lintas, di pintu masuk akan dilakukan pemeriksaan menggunakan metal detector dan pagi sebelum kegiatan, dilakukan sterilisasi bagian dalam bangunan. Setiap seluruh peserta tanpa terkecuali akan dilakukan pemeriksaan tubuh atau badan, kaitan dengan membawa barang-barang yang rawan ataupun dimungkinkan memicu terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan,” jelas Kapolres.

“Kami juga menyiapkan satu pleton Dalmas, tujuannya untuk mengantisipasi apabila ada pihak-pihak atau oknum-oknum yang mengganggu lancarnya kegiatan ini,” lanjutnya.

Selain itu, katanya, personil Polres Lombok Utara juga melakukan piket jaga secara penuh. Hingga kegiatan selesai, pengamanan tetap dilakukan. Pengamanan tersebut juga termasuk dengan pengawalan surat suara ataupun material logistik yang dibawa untuk kegiatan rapat, hingga pengembalian logistik ke Gudang KPUD Lombok Utara.

“Kami berharap kepada masyarakat Lombok Utara bisa mendukung kegiatan ini, dan semuanya bisa paham atas prosedur yang ada, mekanisme yang ada. Menang kalah itu merupakan suatu proses, artinya ini memang kehidupan demokrasi,” pungkasnya.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.