BSK Samawa

SCImago Institutions Rankings Tempatkan Unram PT Peringkat 15 Inovasi Terbaik di Indonesia

FOTO. Prof Bambang Hari Kusumo. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Universitas Mataram (Unram), berhasil menduduki peringkat 15 dari 57 perguruan tinggi di Indonesia yang dinilai oleh SCImago Institutions Rankings (SIR) untuk kategori inovasi.

Rektor Unram, Prof Bambang Hari Kusumo, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada para dosen atas kerja keras mereka yang berhasil membawa Unram berada pada peringkat ke-15 dalam kategori inovasi.

“Ke depan kita harapkan, peringkat Unram bisa naik lagi,” ujarnya pada wartawan, Senin (18/4).

Prof Bambang mendaku, bahwa dirinya telah membuat beberapa kebijakan untuk mendongkrak peringkat Unram melalui iklim akademis yang kondusif dan pemberian insentif bagi jurnal-jurnal bereputasi.

Selain itu, sudah dibentuk Pusat Pengelolaan Konferensi dan Publikasi Unram untuk mendorong percepatan publikasi dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen.

Guru Besar Fakultas Pertanian itu menyatakan, bahwa untuk memperkuat atau mendorong penelitian dan inovasi, pihaknya juga terus berupaya menciptakan atmosfer akademis yang kondusif di lingkungan kampus, mulai dari tingkat yang paling bawah, yakni program studi hingga tingkat universitas,

“Dengan begitu, dosen mampu melakukan riset dan inovasi demi kemajuan ilmu pengetahuan. Selain itu, kita juga memberikan insentif bagi jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan,” tegas Prof Bambang

SCImago Institutions Rankings sebagai lembaga pemeringkatan skala global yang berkantor di Spanyol memberikan peringkat ke-15 pada Unram.

Hal itu didasarkan pada klasifikasi institusi akademis dan penelitian yang dinilai dari tiga indikator yang berbeda, yaitu kinerja penelitian, keluaran inovasi, dan dampak sosial yang diukur dengan visibilitas web masing-masing universitas.

Sejak 2020, Unram selalu masuk SCImago Institutions Rankings, berdasarkan kategori seluruh subjek, di mana pada 2020, Unram berada di posisi ke-38. Kemudian meningkat signifikan pada 2021 dengan menempati urutan ke-30 berdasarkan kategori yang sama, dan pada 2022 menempati posisi ke-15 untuk kategori inovasi. RUL.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.