Menu

Mode Gelap

Politik · 23 Sep 2020 18:03 WITA ·

Satu Paslon Gugur, KPU : Jumlah Bapaslon Ada 22 Ikuti Pilkada Serentak NTB


					Agus Hilman Perbesar

Agus Hilman

MATARAM, DS – Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota yang awalnya akan diikuti sebanyak 23 pasangan calon (paslon) berkurang menjadi hanya 22 paslon.

Pasalnya, satu bakal pasangan calon (Bapaslon) di Kabupaten Dompu, yakni Syaifurrahman Salman-Ika Risky Veryani (Suka) dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Dompu.

“Jadi, dengan tidak lolosnya satu bapaslon di Kabupaten Dompu maka, jumlah bapaslon di NTB yang dinyatakan lolos di NTB adalah sebanyak 22 bapaslon saja,” ujar Komisioner KPU NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hilman menjawab wartawan, Rabu petang (23/9).

Agus mengatakan, untuk enam wilayah lainnya yang menggelar Pilkada lainnya bersama Kabupaten Dompu di NTB, umumnya bapaslon  yang mendaftarkan ke KPU dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Ia menjelaskan diantaranya dua Paslon di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Yakni, calon petahana, H Najmul Akhyar–Suardi diusung koalisi PAN, PP, Partai Demokrat, Nasdem, Golkar dan PBB akan melawan pasangan H. Djohan Sjamsu – Danny Carter diusung koalisi Partai Gerindra, PKS, PDI-P, dan PKB.

“Untuk Pilkada Kota Mataram, ada empat Bapaslon yakni H. Mohan Roliskana-TGH. Mujiburahman diusung koalisi tiga partai politik, Golkar, PPP dan Nasdem. Selanjutnya Bapaslon HL Makmur Said – Badruttamam Ahda yang didukung empat parpol yakni Gerindra, PKB, PKPI dan Berkarya. Bapaslon Hj. Putu Selly Andayani-TGH. Abdul Manan diusung koalisi dua partai politik PDI-P dan PKS. Berikutnya Bapaslon Baihaqi – Baiq Diyah Ratu Ganefi didukung koalisi Demokrat, PAN dan Hanura,” jelas Agus.

Ia menambahkan, di Pilkada Lombok Tengah. Terdapat lima pasangan, Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hampir dipastikan hanya akan diikuti oleh satu pasangan saja, yakni pasangan petahana Musyafirin-Fud Syafuddin dengan koalisi partai pengusung yakni PDI-P, Golkar, Gerindra, PAN, Nasdem, PKS, PKB, PPP dan PKPI.

Padahal, khusus KSB telah ada perpanjangan pendaftaran paslon. Namun hingga batas yang telah ditentukan, tidak ada satu paslon pun yang mendaftarkan lagi ke kantor KPU setempat.

“Di Pilkada Kabupaten Sumbawa terdapat lima pasangan, dan Pilkada Kabupaten Bima akan diikuti oleh tiga bapaslon,” kata Agus Hilman. RUL

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kata Wagub NTB, Instrumen Fiskal Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

15 September 2022 - 14:27 WITA

Percepat Pembangunan, Dua Raperda Disetujui Dewan NTB

13 September 2022 - 12:10 WITA

PAW Wakil Ketua DPRD Masa Jabatan 2019-2024

24 Agustus 2022 - 17:52 WITA

Resmi Dilantik, PC Tidar Kabupaten Bima Siap Menangkan Prabowo Presiden

21 Agustus 2022 - 15:44 WITA

Komunitas di Kota Mataram Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Presiden

19 Juli 2022 - 16:45 WITA

Civitas Akademika Unhas Sebut TGB Layak jadi RI 1 atau RI 2

11 Juni 2022 - 18:05 WITA

Trending di Politik