Berbagi Berita Merangkai Cerita

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SW Cek Patok Perbatasan Indonesia

31

FOTO. Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY saat mengecek 554 patok yang tersebar di wilayah perbatasannya Sektor Timur. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Salah satu tugas pokok Satgas Pengamanan Perbatasan wilayah Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) yakni melaksanakan pengamanan patok perbatasan wilayah kedua negara yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan.

Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela pengecekan Pos Fohuk Kipur III di Desa Henes Kecamatan Lamaknen Kabupaten Balu NTT, Sabtu (13/3).

Berdasarkan laporan para Dankipur jajaran Satgas Pamtas Sektor Timur, masing-masing pos sudah mulai merencanakan pelaksanaan patroli patok bahkan sudah ada yang melaksanakan patroli.

“Dari 554 jumlah patok perbatasan RI-RDTL sektor timur baru 56 patok yang sudah dicek terdiri dari patok PBN sebanyak 33 patok, CBDRF sebanyak 3 patok dan 20 patok BSP dan keberadaannya masih ada, sedangkan sisanya masih dalam proses pengecekan,” ujarnya dalam siaran tertulisnya.

Bayu Sigit juga memberikan batas waktu kepada seluruh Danpos jajarannya untuk melaksanakan patroli pengecekan seluruh patok hingga awal April 2021.

“Paling tidak sebelum bulan puasa pada April mendatang semua patok sudah dilaporkan keberadaannya sehingga bisa kita laporkan kepada Komandan Kolakops 161/WS” ujarnya.

Pria kelahiran tahun 1980 itu juga menginstruksikan agar masing-masing pos memiliki jadwal untuk melakukan patroli patok secara berkala dengan waktu dan personel ditentukan oleh Danpos.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, silahkan atur waktunya dan dilaporkan hasilnya,” tandas Bayu Sigit.

Usai melaksanakan pengecekan di Pos Fohuk, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur mengecek Pos Lakmars Kipur III di Desa Henes Kecamatan Lamaknen Selatan. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.