Menu

Mode Gelap

Politik · 15 Agu 2018 17:55 WITA ·

Sandiaga Uno Bantu Korban Gempa Rp 2,3 Miliar


					Sandiaga Uno bersama Willgo Zaenar Perbesar

Sandiaga Uno bersama Willgo Zaenar

LOBAR, DS – Anggota Komisi XI DPR RI dapil NTB, H. Willgo Zainar, mendampingi kunjungan bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno ke lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur pada Rabu (15/8). Penderitaan warga Lombok membuat Sandi tergugah untuk ikut membantu meringankan beban warga terdampak gempa di Lombok.

“Berdasar informasi, Bang Sandi kasih bantuan sekitar Rp 2,3 miliar melalui beberapa lembaga untuk korban terdampak gempa di Lombok dari uang pribadinya. Dan untuk logistik sekitar Rp 1,4 miliar,” jelasnya saat mendampingi Sandiaga meninjau posko pengungsian di SDN 2 Kekait di Dusun Wadon, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Willgo menyampaikan, Sandiaga prihatin sekali dengan kondisi kerusakan sejumlah bangunan baik pasar, masjid, rumah masyarakat dan sarana lainnya yang ada di Kekait, dan juga wilayah lain di Pulau Lombok. Salah satu yang Sandi soroti ialah rusaknya Masjid Al Abrar yang menjadi tempat ibadah warga di Dusun Wadon. Kerusakan masjid membuat warga kini beribadah di tempat terbuka dengan sarana seadanya.

Willgo juga mendorong pemerintah pusat mengambil sikap untuk menerbitkan status bencana nasional untuk gempa Lombok. Hal ini ia katakan mengingat besarnya jumlah korban dan juga kerusakan yang begitu masif. Ketiadaan status bencana nasional, kata dia, menyulitkan bantuan dari internasional yang hendak masuk ke Lombok.

“Banyak NGO internasional ingin bantu tapi karena regulasi belum dimungkinkan, harapan kita gempa Lombok itu jadi bencana nasional sehingga porsi APBN bisa lebih besar dan NGO internasional bisa masuk,” ujar Wilgo.

Menurut dia, apabila tidak ditetapkan status bencana nasional maka perlu adanya kebijakan khusus dari pemerintah agar NGO internasional diperbolehkan masuk membantu korban gempa di Lombok.

“Dari sektor keuangan juga kalau bisa ada kebijakan agar dana desa dipakai untuk recovery. Saya kira ini perlu kebijakan khusus baik dari pemerintah pusat,” tandas Wilgo Zainar. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Isu Caleg Impor, Mik Sudi : Masyarakat Sudah Cerdas Pilih Wakil Terbukti Kerjanya

17 Mei 2022 - 07:03 WITA

Puan: Waisak Momentum Refleksikan Pentingnya Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan

16 Mei 2022 - 17:47 WITA

Penuhi Kriteria Pemimpin, Masinton : Mbak Puan Ditempa Sejarah dan Waktu Sejak Remaja

16 Mei 2022 - 17:44 WITA

PDIP NTB ubah mindset Memakmurkan Masjid dengan Menanam Pohon Buah Produktif

12 Mei 2022 - 16:14 WITA

Masuk Lima Gubernur Berpotensi Maju Pilpres 2024, Miliki Kendaraan PKS, Pangi : Peluang Zulkiefimansyah Terbuka Lebar

10 Mei 2022 - 16:55 WITA

Eufhoria Mudik Buat Ekonomi Rakyat di Kampung Menggeliat

9 Mei 2022 - 17:14 WITA

Trending di Politik