Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sampaikan Duka Mendalam, Gubernur NTB Bantu Korban Gempa di Majene

80

FOTO. Gubernur NTB Zulkieflimansyah menuliskan kabar duka cita mendalam pada korban gempa bumi di Provinsi Sulbar melalui akun medsos miliknya. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah meminta Sekda NTB HL.Gita Ariadi bersama Kalak BPBD setempat I Gusti Bagus Sugihartha untuk segera membantu para korban gempa di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

“Saya langsung koordinasi dengan semua pihak, khususnya Forkopimda NTB untu segera menyiapkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Sulbar,” ujar Bang Zul dalam pesan Whatsappnya pada wartawan, Minggu (17/1).

Menurut Gubernur, ditengah kesibukannya mengawal kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno selama dua hari sejak Jumat (15/1) dan Sabtu (16/1), serta urusan tugas kedinasan yang sudah terjadwal.

Kata Bang Zul, dirinya tetap berempati pada para korban gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang telah merobohkan banyak bangunan dan membuat warga mengalami luka-luka baik ringan maupun berat, bahkan ada yang meninggal dunia.

Untuk itu, Gubernur menyampaikan duka yang mendalam suluruh masyarakat dan pemprov NTB pada jajaran Pemprov dan warga Kabupaten Mamuju dan Majene di Provinsi Sulawesi Barat.

“Atas nama masyarakat NTB, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah bencana gempa bumi 6.2 SR yang menimpa saudara kita di Provinsi Sulbar. Semoga Saudara kita di Sulawesi Barat,  diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” tulis Bang Zul dalam akun media sosialnya.

Menurut Gubernur, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Gubernur juga telah meminta agar mempersiapkan segala sesuatunya untuk berkoordinasi dengan pihak Pemprov Sulbar agar segera mendistribusikan bantuan.

“Saya sudah minta Pak Sekda dan Pak Kalak BPBD NTB agar bekoordinasi dengan berbaik pihak terkait untuk bagaimana bantuan dapat dikirim dan distribusikan kesana (Sulbar) secepatnya,” tegas Bang Zul.

Sebelumnya, gempa magnitudo 6,2 terjadi di wilayah Sulawesi Barat pada Pukul 02.28 Wita, dan telah merobohkan banyak bangunan.

Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2.98 LS-118.94 BT pada kedalaman 10 kilometer, juga merusak gedung rumah sakit Mamuju.

Dimana, merujuk data BNPB hingga Sabtu (16/1) pukul 20.00 WIB tercatat jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Majene, Sulawesi Barat bertambah menjadi 56 orang.

Rinciannya, 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majene. Selain itu terdapat 637 korban luka di Kabupaten Majene dengan 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang, dan 425 orang luka ringan.

Sementara itu, di Kabupaten Mamuju, terdapat 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.