Menu

Mode Gelap

Dinamika · 1 Okt 2022 12:03 WITA ·

SAC Cara Srategis Lahirkan Atlet Internasional


					SAC Resmi dibuka Gubernur NTB.kmf Perbesar

SAC Resmi dibuka Gubernur NTB.kmf

Mataram,DS—Kompetisi Student Athletics Champion (SAC) resmi dibuka di Provinsi NTB. Acara tersebut merupakan pembukaan dari rangkaian kejuaraan atletik se-Indonesia dan sekaligus dimulainya kualifikasi regional untuk wilayah Bali-Nusa Tenggara.

Pada kesempatan tersebut, hadir membuka acara Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Ia menyatakan bahwa SAC adalah cara yang paling strategis untuk melahirkan atlet nasional dan internasional dari NTB.

“Bagaimanapun, membibit atlet kelas dunia itu butuh perencanaan program jangka panjang. Kompetisi SAC yang diikuti pelajar ini merupakan cara yang paling strategis dan jitu untuk melahirkan atlet-atlet bukan hanya kelas nasional, tapi juga kelas dunia yang berasal dari Nusa Tenggara Barat,” ungkap Bang Zul di Stadion 17 Desember Mataram, Jumat (30/09).

Selain itu, Bang Zul, sapaan akrabnya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PB PASI atas terselenggaranya SAC di NTB, sehingga dapat menambah rasa optimisme untuk penyelenggaraan PON tahun 2028 mendatang.

“Jadi, sekali lagi terima kasih kepada PB PASI sehingga acara yang luar biasa ini bisa kita mulai dari NTB. Ini menambah optimisme kita, mudah-mudahan ini langkah yang cukup panjang untuk mempersiapkan atlet-atlet handal NTB, terutama untuk tuan rumah PON 2028,” tambah Bang Zul.

Sementara itu, CEO DBL Indonesia, Asrul Ananda menyampaikan bahwa penyelenggaraan SAC merupakan hasil kolaborasi dengan PB-PASI. Tak hanya itu, selain di NTB, DBL Indonesia juga akan menyelenggarakan SAC di 10 kota di Indonesia.

“Ini merupakan hasil kolaborasi dengan PB PASI, dan kita akan menyelenggarakan kompetisi atletik SD, SMP, SMA yang Insya Allah terbesar di Indonesia diselenggarakan nanti di 10 lokasi,” kata Azrul.

SAC Indonesia sendiri akan diselenggarakan di Kota Mataram pada tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2022. Pemenang dari kejuaraan atletik tersebut akan dikirim ke Jakarta kemudian dibimbing dan belajar ke luar negeri.

SAC memperlombakan beberapa nomor atletik, antara lain nomor sprint (lari jarak pendek) dengan jarak 60 meter (SD), 80 meter (SMP) dan 100 meter (SMA). Kemudian relays (lari estafet), yang dibagi menjadi tiga nomor 8×50 meter (SD), 5×80 meter (SMP), dan 4×100 meter (SMA). Ketiga, middle distance (lari jarak menengah) yang terdiri dari dua nomor, yakni 800 meter (SMP) dan 1000 meter (SMA).

Target peserta di NTB yang awalnya diperkirakan berjumlah 2.000, meningkat drastis menjadi 3.820 peserta, hal ini menunjukkan 180% sudah lebih dari target. kmf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

DKD PWI NTB Serahkan Bonus kepada Peraih Perunggu Porwanas XIII

26 November 2022 - 07:57 WITA

DPD GMNI NTB Gelar Diskusi “Strategi Pemuda Dalam Mendukung KTT G20 dan Pemulihan Nasional”

25 November 2022 - 16:33 WITA

Masifkan Penjaringan Atlit Golf Muda

23 November 2022 - 16:35 WITA

Press Trip JMSI NTB Banyuwangi-Malang (5-selesai), Porwanas XIII, Silaturrahmi dalam Laga

22 November 2022 - 06:05 WITA

Press Trip JMSI NTB Banyuwangi-Malang (4), Kota yang Hidup, Kuliner yang Menggoda

20 November 2022 - 22:42 WITA

NTB Ikuti Sepuluh Cabor Porwanas di Malang

20 November 2022 - 08:42 WITA

Trending di Dinamika