Berbagi Berita Merangkai Cerita

Rumah Bersalin Bantuan Jepang di Jerowaru Diresmikan

0 65

SELONG,DS-Dalam 5 tahun terakhir, Kabupaten Lombok Timur sangat gencar melakukan peningkatan pembangunan di sektor kesehatan. Berbagai sarana dan prasarana kesehatan ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun kwalitas. Bahkan, pembangunan di sektor kesehatan mendapat perhatian juga dari berbagai elemen yang berasal dari luar negeri.

Tahun lalu, sebuah klinik dibangun sebuah yayasan dari Belanda di Kelurahan Ijobalit Kecamatan Labuhan Haji. Sementara tahun ini, sebuah rumah bersalin dari pemerintah Jepang sudah siap dioperasikan di Kecamatan Jerowaru. Peresmiannya telah dilakukan pada Rabu (18/7) dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Lombok Timur yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra, H. Sahabuddin, Second Secretary Kedutaan Besar Jepang, Kazuho Yashida dan Direktur Pusat Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSPSDM), Nur Akhmad Yani di Puskesmas Jerowaru.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Timur yang disampaikan Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra, H.Sahabuddin memberikan apresiasi kepada Pemerintah Jepang dan PSPSDM atas pembangunan rumah bersalin dan penguatan kapasitas kelembagaan Posyandu di Desa Jerowaru. Upaya ini diyakini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.Khususnya kesehatan ibu dan anak.

Sejalan dengan itu, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak. Diantaranya, melalui Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) yang dijalankan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dengan membentuk tim di masing-masing Puskesmas.

Pada tahun 2018 juga dijalankan program Aksi Cepat Sayang Ibu dan Anak bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta melibatkan unsur Pemerintah Desa beserta jajarannya guna turut mendukung peningkatan kesehatan ibu dan anak.Selain itu, penyiapan petugas yakni penempatan 2 bidan per desa serta peningkatan sarana dan prasarana penunjang juga terus dilakukan. kis

Leave A Reply