Ruang Rektor ITKes Muhammadiyah Selong Disegel Mahasiswa

Unjuk rasa mahasiswa ITKes

Selong, DS- Aksi unjuk rasa di depan Kampus Institut Teknologi Kesehatan (ITKes) Muhammadiyah Selong berujung penyegelan ruang rektor ITKes, Senin (09/10/2023).

Awalnya, mahasiswa beroasi di depan Kampus ITKes. Mereka menuding terjadi pelecehan seksual dan mendesak kampus membentuk Satgas Perlindungan Perempuan.

Hal lain yang disuarakan mahasiswa, yakni menuntut penurunan biaya SPP karena dinilai tidak sesuai dengan sarana dan fasilitas yang diperoleh mahasiswa.

“Kedua tuntutan kami, SPP diturun karena fasilitas tidak sesuai yang diterima siswa, “ucap kordum aksi Aliansi Mahasiswa ITKes, Haerul Azmy.

Usai berorasi, mahasiswa meluapkan kekecewaannya dengan merusak baleho ITKes yang dipajang di depan kampus dan menyegel ruang rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor ITKes, Baharuddin membantah tudingan adanya pelecehan seksual yang dituduhkan mahasiswa. Pun dengan biaya SPP yang diminta diturunkan mahasiswa. Dia berdalih SPP ITKes paling murah.

“Kedua tuntutannya turunkan SPP, kan gak mungkin kita turunkan SPP karena di perguruan tinggi lain SPP nya lebih tinggi, ” ujarnya.

Menurutnya, tuntutan mahasiswa itu tidak jelas terutama terkait tuntutan liberalisasi ekonomi di Perguruan Tinggi dan penegakan UU Sisdiknas.

Merespon penyegelan yang dilakukan mahasiswa, malah Baharudin balik mengancam akan melaporkan mahasiswa karena dianggap telah melakukan pengerusakan.

“Bersuara boleh tapi kan tidak boleh merusak, ” imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.