BSK Samawa

“Ruang Kita” Tingkatkan Pelayanan Publik Kepolisian

Mataram NTB,DS – Dalam rangka menuju transpormasi pelayanan publik menuju Polri yang Presisi, Direktorat Tahti Polda NTB membangun Ruang kunjung inovatif tahanan berbasis virtual yang diberi nama Ruang Kita. Diharapkan kepada masyarakat yang hendak berkunjung untuk berkomunikasi dengan keluarganya yang sedang dalam tahanan, tidak perlu repot mengeluarkan ongkos karena saat ini bisa melalui “Ruang kita”.

Direktur Tahti Polda NTB, AKBP Rifa’i SH, saat dikonfirmasi media terkait penyediaan “Ruang Kita” bagi warga binaan Tahti Polda NTB, mengatakan langkah tersebut untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pola berkunjung kepada warga binaan tanpa mengkhawatirkan faktor kesehatan dan Kamtibmas.

Melalui inovasi “Ruang Kita” Direktorat Tahti Polda NTB diharapkan keluarga yang akan mengunjungi ataupun ingin berkomunikasi dengan warga binaan Tahti dapat melakukan dengan sederhana dari tempat tinggal masing-masing.

“Ruang Kita ini merupakan salah satu upaya Polri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang keluarganya sedang dalam pengawasan Tahti Polda NTB,”ucapnya.

Sejak Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, segala aktivitas masyarakat dibatasi oleh pemerintah dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. Disamping itu sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas Dit Tahti tentu berusaha mencari jalan keluar agar bagaimana para warga binaan yang masih dititip di Polda NTB dapat terus berinteraksi dengan keluarganya.

“Kini melalui Ruang Kita Dit Tahti Polda NTB dapat menjalin komunikasi dengan keluarga tanpa harus bertatap muka secara langsung. Lewat virtual di Ruang Kita masyarakat maupun warga binaan dapat melakukannya dengan baik,”pungkasnya.

Ia menyebutkan upaya yang dilakukan tersebut sebagai Inovasi dalam rangka Mitigasi bencana selain bencana non alam, guna memudahkan masyarakat yang terdampak bencana banjir, longsor, masyarakat kurang mampu serta berdomisili di luar daerah maupun luar negeri dan lain sebagainya untuk memudahkan berjumpa keluarganya yg sedang di titipkan di ruang tahanan Polda NTB.

Selain itu guna mengurangi resiko penyalahgunaan wewenang oleh petugas jaga tahanan dan menghindari upaya masyarakat binaan untuk melarikan diri. “Dengan inovasi Ruang Kita apa yang menjadi kekhawatiran kita dapat diantisipasi,” katanya

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.