Berbagi Berita Merangkai Cerita

Rp 60 Miliar DAK 2020 untuk Lotim, Dikbud Percepat Penuntasan Syarat Pencairan

23

SELONG, DS – Lombok Timur kembali mendapat gelontoran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2020 dari pemerintah pusat sebagai langkah pemulihan ekonomi nasional dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

Sekitar Rp 60 miliar gelontoran dana yang diterima untuk dunia pendidikan Lombok Timur dari Pemerintah Pusat. Hal ini dituturkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur, Ahmad Dewanto Hadi, saat dijumpai Selasa (25/08/2020).

“Untuk SD sekitar Rp 26 miliar, untuk SMP sekitar Rp 34 miliar. Belum TK, PAUD, dan SKB. Total keseluruhan sekitar Rp 60 miliar,” rinci Dewanto.

Pencairan dana tersebut pun kini terus dikebut oleh pihaknya. Agar target penyelesaian dapat tercapai sebelum berakhirnya kontrak pada tanggal 17 Desember mendatang.

“Kontrak kita berakhir 17 Desember, tapi kita berharap November, atau bahkan Oktober sudah selesai,” ungkapnya.

Pencairan tahap I telah dimulai sejak 3 Agustus lalu, dengan prosentase pencairan sebesar 25%. Dengan memacu kinerja secara optimal, dalam waktu yang belum genap satu bulan, pencairan tahap II pun telah dapat diakses.

Pada tahap kedua ini, sekolah akan mengakses presentase anggaran sebesar 45%. Dengan progres fisik yang diwajibkan mencapai 25% pekerjaan.

Penghitungan progres pekerjaan tahap II pun hampir diselesaikan. Hanya tersisa 5 sekolah yang masih dalam proses penghitungan.

“Alhamdulillah kalau untuk SMP, sudah 100% tahap II dari 56 kegiatan. SD hanya menyisakan 5 dari 121. Yang 5 pun, insyaallah satu dua hari ini selesai penghitungan progresnya,” terangnya.

Sehingga diharapkannya pada tahap III nanti, waktu yang dibutuhkan relatif sama dengan penyelesaian tahap I dan II. Ia pun menyematkan harapan pencairan dana tahap III dapat diakses pada akhir september mendatang. Tentunya dengan progres pekerjaan mencapai 70% seperti yang disyaratkan.

“Tahap I ke tahap II kan sebulan. Sehingga sebulan dari sekarang, mungkin akhir September kita sudah bisa akses tahap III, untuk progres fisik minimal 70%,” jelasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.