Senin , 19 Agustus 2019
Home / Religi / Sebanyak 1.232 Calhaj Lotim Dilepas
Bimbingan Manasik Haji di Masjid Al Mujahidin Selong

Sebanyak 1.232 Calhaj Lotim Dilepas

Selong,DS – Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Rohman Farly, MM, melepas sebanyak 1.232 jamaah calon haji (calhaj) asal Lombok Timur. Acara yang dirangkaikan dengan pembekalan manasik haji itu berlangsung di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, Kamis (13/06).

Hadir dalam acara tersebut Kamenag Lotim beserta jajaran pejabat Kemenag Lotim, Ketua MUI Lotim, petugas haji, petugas BPJS Lotim dan seluruh Calhaj Lotim. Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 17 Juni 2019 hingga delapan hari kedepan di tiap kecamatan.

Kepala Kantor Kemenag Lotim, Drs. H. Azharuddin, M. Sy, dalam sambutannya meminta calhaj untuk menjaga kesehatan dan mengajak semua untuk memahami manasik haji. Pembekalan untuk calhaj mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi untuk memberikan pemahaman kepada jamaah.Pelepasan calhaj kloter 1 rencananya tanggal 6 Juli 2019 di Selong menuju Asrama Haji Mataram.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kebupaten Lotim, Rohman Farly, dalam sambutannya menyampaikan pelepasan calhaj saat ini adalah terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Karena itu Sekda berharap Kemenag memberikan pembekalan terkait dengan kegiatan sehari – hari yang jarang dilakukan calhaj serta menceritakan pengalaman pada saat melaksanakan ibadah haji dan menceritakan keadaan di Makkah.

“Ibadah haji adalah kegiatan total yang memerlukan fisik yang prima serta jaga kesehatan dan menganjurkan perbanyak minum air zam – zam dikarenakan perbedaan iklim dengan indonesia,” jelasnya seraya mengajak para calhaj untuk tidak meremehkan dan bersikap riya serta sombong yang sangat dilarang.

Ketua MUI Lotim, Tgh. Ishaq Abdul Gani, LC., dalam penjelasannya menyampaikan, panggilan haji adalah dari Allah. SWT. “Semua jamaah berharap menjadi haji yang mabrur, namun mereka tidak memahami syarat haji yang mabrur,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh jamaah agar mampu memahami syarat haji dan rukun haji yang mabrur, diantara niat dalam berhaji, harta yang digunakan dan menjauhi sifat sombong dan angkuh.

Dijelaskan juga fiqih haji diantaranya syarat, rukun, wajib haji, dan sunah – sunah haji serta berziarah ke Madinah. Di tanah suci Makkah, jelasnya, hendaklah memperbanyak zikir, menyerahkan semua kepada Allah SWT, memperbanyak bershadaqah, menjaga aurat dan berdoa.

Sementara itu, petugas BPJS Lotim berharap calhaj melengkapi semua kartu kesehatan pada pelaksanaan ibadah haji dan berdo’a untuk keselamatan sampai pulangnya nanti.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Resmikan BLK Komunitas di Ponpes Darul Hikmah Karang Genteng Selly Ajak Santri Manfaatkan Teknologi dengan Bijak

MATARAM, DS – Workshop BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah di Karang Genteng, Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: