Senin , 18 November 2019
Home / Religi / Ribuan Warga Bersalawat Bersama Haddad Alwi
Masyarakat Lotim bershalawat bersama Haddad Alwi

Ribuan Warga Bersalawat Bersama Haddad Alwi

LOTIM,DS – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), berlangsung semarak. Maulid yang dipusatkan pemerintah di lapangan Gotong Royong Kecamatan Masbagik Lotim tidak saja dihadiri Bupati Lotim, masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (OPD), pun dihadiri penyanyi religi kondang, Habib Haddad Alwi, Sabtu (9/11) lalu.

Sementara uraian hikmah maulid, disampaikan Dr TGH Lalu Muhamad Zainuri. Pada peringatan Maulid kali ini Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim mengambil tema “Tauladan Nabi Muhamad SAW, untuk Lotim yang Adil Sejahtera dan Aman (ASA)”.

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, MM, dalam sambutannya, mengatakan, peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan bagian dari cara umat Islam mewujudkan rasa rindu pada Rasulullah SAW. Rasa rindu itu diwujudkan dengan banyak membaca shalawat, baik dalam keadaan ramai atau pun dalam keadaan sunyi. Dengan harapan, kelak mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW. Apalagi, Rasulullah begitu banyak pengorbanan dan rasa kasih sayangnya pada umatnya.

“Kehadiran kita malam ini (sabtu malam red) sebagai bukti dan wujud rasa cinta kita pada Nabi Muhammad,”katanya seraya berharap kegiatan ini mendatangkan berkah, dan menumbuhkan semangat berhijrah untuk melaksanakan kegiatan keagamaan dan hubungan sesama manusia.

Sukiman berharap perayaan Maulid bukan seremonial semata, melainkan bagaimana umat Islam dapat mengambil hikmah dan teladan untuk diaplikasikan dikehidupan sehari-hari dalam membangun daerah dan negara.

“Salah satu teladan dari sifat Rasulullah SAW yang dapat diikuti agar dapat membantu menuntaskan permasalahan daerah kita adalah peduli terhadap fakir miskin dan anak yatim,”terangnya.

Kepedulian itu, ucap mantan Dandim 1615 WB Lotim ini, dilakukan melalui hal-hal kecil seperti infaq dan sadaqah. Bahkan salah satu kewajiban umat Islam adalah menunaikan zakat, bentuk ibadah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

“Zakat, infaq dan sadaqah adalah ibadah sosial. Sedangkan ibadah salat, puasa bagian dari ibadah individu sifatnya hubungan langsung dengan Allah. Sudah seharusnya ibadah sosial dan individu dilakukan secara berimbang,” tandasnya.
Sementara itu, Dr TGH Lalu Muhammad Zainuri, saat memberikan uraian hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, dalam ceramahnya memaparkan adab bershalawat. Pun memastikan diri mencintai Rasulullah, kendati tidak mampu mengikuti ibadahnya Nabi Muhammad.

“Mari, tulus dan hadirkan rasa cinta kita pada Baginda Nabi Muhammad SAW,” ucapnya mengajak masyarakat dan pejabat yang hadir.

Menurutnya, akhir-akhir ini banyak sunnah kecil yang hilang dan dilupakan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam berbangsa serta bernegara. Satu contoh sunnah yang kecil itu seperti mengucapkan salam. Sekecil apa pun sunnah itu agar dihidupkan dan dilaksanakan sesuai kemampuan.

“Masyarakat hampir jarang mengamalkan salam dalam kehidupannya. Sekali lagi, sunnah yang ringan ini, jangan sampai dilupakan,”tegasnya.

Sekarang ini, ucap Zainuri, Islam dan negara dihadapkan dengan berbagai keyakinan dan faham. Ada kelompok tertentu mengatasnamakan Islam, yang meyakini fahamnya merasa paling benar, faham radikal, hingga faham yang meyakini aksi bom bunuh diri adalah syahid. Padahal, Islam adalah pribadi untuk menyelamatkan orang lain.

Dalam kesempatan itu, Habib Haddad Alwi memimpin masyarakat yang hadir membaca shalawat. Dia pun melantunkan lagu-lagu album shalawat ciptaannya dan memberikan semangat pada masyarakat, untuk membumikan shalawat nabi. Masyarakat atusias dan penuh semangat mengikuti arahan Haddad Alwi.

Pada kesempatan itu pula, Haddad Alwi juga memimpin do’a agar Lotim menjadi daerah yang aman, adil, sejahtera, dijauhkan dari bencana. hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Kemajuan iptek Berdampak Negatif Tanpa Ilmu Agama

Mataram,DS – Gubernur Provinsi NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menekankan kepada seluruh jemaah Masjid Hubbul Wathan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: