Senin , 22 April 2019
Home / Religi / MTQ VIII Tingkat Kabupaten Dibuka Wabup Lombok Utara
Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Lombok Utara

MTQ VIII Tingkat Kabupaten Dibuka Wabup Lombok Utara

Tanjung, DS – Guna menjaring potensi dan pembinaan Qori dan Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah serta meningkatkan kegemaran membaca, menghafal, dan menulis Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII tingkat Kabupaten Lombok Utara. Dipusatkan di Lapangan Supersemar Tanjung, dibuka oleh Wakil Bupati Lombok Utara Sarifuddin, SH. MH, Jumat (5/4).

Rangkaian acara sebelumnya, pagi hari dengan pelepasan pawai ta’aruf yang diikuti seluruh peserta MTQ. Pembukaan MTQ tingkat kabupaten itu dihadiri pula oleh Forkopimda KLU, Kepala Biro Kesra Provinsi NTB, Kepala OPD lingkup Pemda KLU, Para Camat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Dengan menampilkan tarian kolosal yang diperagakan pelajar gabungan sekolah yang ada di KLU, pembukaan MTQ berlangsung cukup meriah. Wabup Sarif melantik pula Para Dewan Hakam sesuai Surat Keputusan Bupati Lombok Utara Nomor 192/07/Kesra/2019 tentang Pembentukan Dewan Hakam MTQ tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2019.

Wabup Sarif dalam sambutannya menyatakan, kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Kabupaten Lombok Utara merupakan agenda rutin reguler tahunan, dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga nasional.Secara esensial, hajatan MTQ menjaring potensi qori’ dan qori’ah, hafidz dan hafidzah untuk meningkatkan kegemaran membaca, menghafal, menulis, dan memahami serta menyampaikan tuntunan al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan peserta agar berprestasi lebih baik lagi menjadi peserta pada MTQ tingkat provinsi, hingga nasional.

Wabup juga menjelaskan, kegiatan ini selain menjadi media dakwah, pendidikan dan pembudayaan syi’ar agama yang efektif, menjadi daya dorong untuk memacu proses percepatan pembangunan daerah dari nilai-nilai religiusitas ataupun pencerahan rohani serta untuk bangkit menata sendi-sendi kehidupan pascagempa yang mengoyak bumi Tioq Tata Tunaq tahun 2018 silam.

“Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, berkomitmen memberikan apresiasi yang tinggi kepada qori’-qori’ah yang sudah bersusah payah untuk menjadi yang terbaik. Untuk itu, bagi qori’-qori’ah yang mendapat juara I (satu) pada ajang MTQ tingkat Provinsi NTB nantinya, kami akan berikan bonus menjalankan ibadah umroh di tanah suci Mekkah,” ujarnya.

Asisten I Setda KLU Kawit Sasmita, SH., selaku panitia MTQ VIII mengatakan kegiatan MTQ 2019 ini mengambil tema Melalui MTQ VIII tahun 2019 wujudkan masyarakat Lombok Utara yang bermartabat, berbudaya, sejahtera, maju dengan slogan Lombok Utara Bangkit Kembali.

Adapun waktu pelaksanaan MTQ berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 4 April sampai 11 April 2019, bertempat di Kecamatan Tanjung yang diikuti Khafilah sebanyak 312 orang. Acara dilanjutkan dengan pemukulan beduk oleh Wabup Sarif didampingi Forkopimda KLU dan panitia pelaksana yang disaksikan para hadirin. (sta/humaspro)

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Innalillahi… Tokoh Perintis Terbentuknya KLU Tutup Usia

Tanjung, DS – Lombok Utara berduka, salah satu dari tokoh perintis terbentuknya Kabupaten Lombok Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *