Jumat , 15 November 2019
Home / Religi / Bupati Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushalla Nurul Iman SDN 1 Senaru
Bupati KLU pada acara peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Nurul Iman SDN 1 Desa Senaru Kecamatan Bayan

Bupati Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushalla Nurul Iman SDN 1 Senaru

Bayan, DS – Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH menggelar peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Nurul Iman SDN 1 Desa Senaru Kecamatan Bayan, Kamis (17/10/19).Hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan mushalla ini di antaranya Sekdis Perindagkop KLU H. Yek Bakar, S.IP, Camat Bayan Intiha, S.IP, Pjs. Kades Senaru Sekarnawadi serta Komite dan Dewan Guru SDN 1 Senaru.

Bupati Lombok Utara di hadapan komite dan para guru SDN 1 Senaru dalam sambutannya menyampaikan ketika didatangi kepala sekolah setempat untuk meminta dibangunkan mushalla dirinya merasa bahagia lantaran adanya upaya guru mengimplementasikan gerakan kembali ke khittah pendidikan di lingkungan sekolah.

“Ketika ibu Kepala Sekolah datang ke tyang (saya) untuk meminta dibangunkan mushalla ini saya sangat bahagia sekali, karena apa? Inilah cara kita untuk mendekatkan anak-anak kita kepada pendidikan agama yang kita inginkan. Yaitu kembali ke khittah pendidikan,” ungkap Bupati Najmul.

Menurut Najmul, esensi gerakan pendidikan kembali ke khittah yaitu untuk meluruskan pendidikan itu kepada khittahnya bahwa tujuan pendidikan di Indonesia sudah jelas yaitu menciptakan negara Indonesia yang beriman dan berakhlak mulia.

Lebih lanjut diuraikan orang nomor satu di KLU ini, kalau semua elemen ingin menciptakan anak-anak menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia, tentu langkah pertama dan utama dengan memberikan pendidikan moral dan pendidikan agama. Pendidikan moral harus dimulai dengan memasyarakatkan kebudayaan dan adat-istiadat kepada anak-anak di sekolah maupun di dalam keluarga.

Sekjen Apkasi ini menilai hingga saat ini masih saja ada kesenjangan di mana proses pembelajaran pendidikan agama di sekolah hanya 2 jam pelajaran dalam seminggu. Minusnya jumlah jam dalam pembelajaran agama tersebut membuat dirinya mempertanyakan upaya menciptakan manusia yang berakhlak dan beriman di Indonesia khususnya di wilayah yang dipimpinnya.

“Jika waktu belajar agamanya hanya 2×45 menit dalam seminggu atau 3 hari dalam satu tahun, bagaimana caranya kita bisa menciptakan anak-anak kita bisa jadi bermoral dan berakhlak,” herannya. Atas kondisi itu, ia menyarankan para guru dan semua unsur masyarakat agar memperbanyak ruang-ruang yang bisa mendekatkan anak-anak ke pendidikan agamanya dengan cara para guru harus mendesain semua mata pelajaran agar memasukkan unsur agama,” saran Sekjen Apkasi itu.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Najmul juga memberitahukan semua wali santri atau wali murid bahwa para guru di SDN 1 Senaru punya tugas membimbing anak-anak pendidikan agama. Di sisi lain, pemerintah daerah sangat bersyukur dengan adanya bangunan mushalla itu.

Dalam pada itu Kepala Sekolah SD Negeri 1 Senaru Hj. Siti Juliari, S.Pd dalam pengantarnya di hadapan Bupati Lombok Utara menjelaskan tanah lokasi bangunan selain dipruntukan untuk mushalla juga untuk aula sekolah.
“Tujuan dari pendirian mushalla Nurul Iman ini agar para guru dan murid-murid sebelum pulang harus salat terlebih dahulu. Selain itu, mushalla ini juga bisa digunakan untuk peringatan hari-hari besar agama Islam,” terangnya.

Ketua Panitia Pembangunan Mushalla Nurul Iman M. Ilham, S.Pd di hadapan hadirin mengawali laporannya atas nama panitia dan warga masyarakat serta wali murid SDN 1 Senaru menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada bupati Lombok Utara yang bersedia meluangkan waktu datang di tengah kesibukan yang cukup padat guna meletakkan batu pertama pembangunan mushalla sekolah setempat.

Dirincikan Ilham, mushalla yang dibangun tersebut berukuran 6 m x 7 m dengan dana awal dari wali murid. Pembangunan tempat ibadah itu menjadi salah satu cara realistis kembali ke khittah pendidikan sebagaimana yang diprogramkan Pemda Kabupaten Lombok Utara.

Rangkaian acara diakhiri dengan peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Nurul Iman oleh Bupati diikuti Sekdis Disperindagkop, Camat Bayan dan tamu undangan lainnya. (sta/humaspro),

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur NTB Bersama ASN dan Siswa di Mataram Shalat Minta Hujan

MATARAM,DS-Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, bersama jajarannya dan siswa di Kota Mataram melakukan shalat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: