Berbagi Berita Merangkai Cerita

Refocusing Anggaran Lotim Tinggal Tunggu Perbup

75

M.Juwaini Taofik

SELONG, DS – Sejumlah anggaran 2021 kembali akan dialihkan untuk penanganan Covid-19. Sekitar Rp. 180 miliar APBD Lombok Timur akan dipangkas pada sektor yang non prioritas.

“Hari ini kami sudah ada kesepakatan, terpaksa merasionalisasi beberapa program yang tidak urgent,” tutur Sekda Lotim, M. Juaini Taofik usai rapat bersama Banggar DPRD, Rabu (17/03).

Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lotim 2021 dapat dirubah melalui Peraturan Bupati (Perbup). Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomer 17 tahun 2021 tentang Pengelolaan Dana Transfer demi mendukung penanganan Covid-19.

“Manakala ada perubahan dari pusat maka bisa dirubah lampiran APBD dengan Perbup,” ujarnya.

Sebelum melakukan perubahan, Bupati meminta Sekda untuk berkomunikasi dengan Badan Penganggaran (Banggar) DPRD untuk menentukan sektor-sektor pemangkasan.

Adapun beberapa pemangkasan yang dilakukan seperti perjalanan dinas, anggaran makan minum, dan ATK. Bahkan bantuan sandang pangan tak luput dari refocusing anggaran.

“Pokoknya kita berusaha sekarang ini sense of crisis itu harus ada. Hari ini sudah ada kesesuaian dengan DPRD, tinggal diformalkan lewat Perbup,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.