BSK Samawa

Ratusan Warga Rela Berdesakan Demi Bisa Melihat CJH Berangkat ke Tanah Suci Makkah

Selong, DS- Ratusan warga dan keluarga Calon Jamaah Hajji (CJH) sudah menunggu sejak pagi subuh di pintu masuk Masjid Al Mujahidin Selong, lokasi pelepasan ratusan CJH, Rabu (15/05/2024).

Mereka rela berdesakan demi bisa bersalaman dan melihat langsung keluarga mereka yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah.

Kerumunan warga itu sempat merepotkan petugas dan pendamping yang mengawal para calon jamaah haji ke armada bus yang membawa para CJH ke asrama haji di Mataram.

Sejumlah CJH lansia terlihat dikawal khusus bahkan ada yang digendong oleh pendamping karna tidak kuat jalan menuju armada bus.

Sebanyak 393 CJH termasuk pendamping dan petugas kesehatan yang berangkat tahap awal ini. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4 embarkasi Lombok.

Sedangkan, total jumlah CJH asal Lombok Timur yang berangkat tahun ini sebanyak 1.144 orang.

“Tahun 2024 ini secara keseluruhan CJH kita 1.145 orang, awalnya 1.143 tapi di injury time bertambah dua orang sehingga menjadi 1.145 orang, “ujar PLT Kepala Kementerian Agama Lombok Timur, H. Shulhi.

“Mereka tergabung dalam 5 kloter, 2 kloter utuh dan 3 kloter campuran, ” sambungnya.

Sedangkan yang berangkat di tahap pertama ini, kata Shulhi, sebanyak 393 orang. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4.”rinciannya, jumlah CJH laki 182 orang, perempuan 211 orangorang dan ada 6 lansia yang kita fasilitasi dengan kursi roda, tidak ada disabilitas, ” terangnya.

“Karna tema haji kita tahun ini ramah lansia, maka ada petugas khusus yang kita siapkan untuk mengawal CJH lansia kita,”imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.