Ratusan Warga Desa Pringgasela Selatan Meriahkan Event Budaya Dongdala 3

Pergelaran budaya Dongdala 3

Selong,DS – Ratusan warga di Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela Lombok Timur antausias mengikuti pergelaran budaya Dongdala 3, Rabu (20/12/2023).

Dengan busana baju adat kain tenun khas Pringgasela, warga berbaris rapi dengan membawa dulang berisi jamuan makanan khas Sasak. Mereka diiringi gemelan dan klenang nunggal, alat musik tradisional setempat semakin menambah kemeriahan event Dongala 3.

Kepala Desa Pringgasela Selatan, Baihaqi Habil, mengatakan, penggelaran event budaya Dongdala merupakan cara masyarakat yang ada di Desa Pringgasela Selatan terus menggali potensi dengan bersinergi dengan semua lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah 3 hari mendatang masyarakat kita terus berupaya hingga tim pengembangan kemajuan dan kebudayaan RI datang menyaksikan kebudayaan yang terus digali potensinya itu,” katanya seraya menambahkan pada event Dongdala 3 tahun 2023 ini ada dua potensi budaya yang ingin ditampilkan, yakni tenun dan alat musik tradisional masyarakat setempat kelenang nunggal.

Dia berharap kehadiran tim pengembangan kemajuan dan kebudayaan RI kedepan potensi yang ada tentang budaya di Desa Pringgasela Selatan terus mendapatkan perhatian dan suport dalam bentuk pembinaan.

“Hingga kedepan desa kami bisa menjadi ikon penilaian budaya di pemerintah pusat. Kita merasa bangga kendati berada di desa terpencil, kementrian sempat mengunjungi desa kami, ini menunjukan desa kami sudah mulai menunjukkan nilai kebudayaannya,”imbuh Habil.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemenristek RI, Irini Dewi Wanti yang hadir di kegiatan itu menyampaikan, bicara budaya tidak lepas dari peran masyarakat desa, peradaban yang ada didesa, baik wujud abstark maupun kenyataannya.

“Yang paling penting adalah simbol dan nilai budaya bisa kita tuangkan dalam kegiatan ini, saya lihat banyak anak muda yang ikut dan itu bisa menginspirasi, dan perlu kita kawal adanya regenerasi ini,” katanya.

“Saya mewakili pengembangan kemajuan dan kebudayaan RI mendorong kegiatan ini terus berlanjut, dan kami sangat bangga terhadap Desa Pringgasela Selatan. Dan mudah-mudahan dari Lombok Timur bisa mengapresiasi kabupaten yang lainnya di seluruh NTB,” ujar Dewi.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.