Berbagi Berita Merangkai Cerita

Ratusan Nelayan Lotim Protes Ekspor Benih Lobster di Depan Menteri KKP

0 7

MATARAM, DS – Sebanyak 413 nelayan pembudi daya lobster Teluk Jukung Kabupaten Lombok Timur menolak rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang mewacanakan membuka ekspor benih.Penolakan nelayan itu disampaikan saat kunjungan Edhy Prabowo ke Teluk Jakung, Desa Telong Elong, Kecamatan Jerowaru pada Kamis (26/12).

Abdullah, salah satu nelayan, mengatakan para pembudidaya akan dirugikan jika keran ekspor dibuka. Nelayan lainnya ikut teriak ‘batalkan’ saat Abdullah menyatakan pendapatnya.

“Kami sangat-sangat tidak setuju ada ekspor, walaupun hanya satu persen saja, karena kalau ada celah sedikit saja budidaya lobster pasti akan mati,” ujar Abdullah kepada Edhy.

Abdullah dengan keras mengatakan kepada Edhy jika ekspor dilakukan, maka pembudidaya akan gulung tikar. Dia membeberkan dalam keadaan saat ini saja mereka sudah jauh kalah saing dengan Vietnam. “Apalagi besok, bisa jadi 2 sampai 3 kali lipat ke Vietnam. Terus bagaimana kita Pak? Pasti harga kita makin kalah,” tanya Abdullah.

Abdullah yang pernah mendatangi kantor KKP langsung untuk menemui Edhy mengatakan bahwa hasil panen mereka tidak laku saat Vietnam mengekspor balik lobster ke Indonesia.

“Sekarang saja sudah terasa, saat Vietnam panen, kita tidak bisa keluar. Kita sangat-sangat tidak setuju ada ekspor,” tegas Abdullah.

Menjawab kecaman tersebut Edhy mengatakan bahwa ekspor benih lobster belum benar-benar akan dilakukan. Hal itu hanya salah satu opsi jika nelayan lokal belum mampu membesarkan.

“Tapi kalau di sini sudah mampu membesarkan, ya tidak kita ekspor. Kalau bapak-bapak dan ibu-ibu mau membudidayakan, kita kasih jalan,” kata Edhy.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang ikut mendampingi kunjungan Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Bupati Lotim, membenarkan jika Menteri Edhy Prabowo sepakat untuk melarang ekspor benih lobster. “Yang utama itu. Budidaya harus bisa di giatkan lagi. Tentunya, dengan pendampingan agar hasilnya maksimal,” sambung Gubernur. RUL.

Leave A Reply