Berbagi Berita Merangkai Cerita

Rapid Test Terhadap 1.010 Kontak Pasien Positif, 58 PDP mayoritas Klaster Gowa

0 25

SELONG, DS – Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur sampai dengan Selasa (21/04), Tim Gugus Tugas melalui Puskesmas telah melakukan rapid test terhadap 1.010 orang, berdasarkan tracking contact pasien positif. “Berdasarkan kondisi hari ini, jumlah yang dilakukan rapid test adalah 1.010. Hasilnya 58 orang reaktif,” tutur Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Lotim, Pathurrahman.

Sementara itu, terdapat 126 orang dari klaster Gowa yang mengikuti rapid test ini. Dan ditemukan sebanyak 34 orang yang hasilnya reaktif dari klaster ini.

“Khusus untuk klaster Gowa, jumlah yang telah menjalani rapid test sebanyak 126 orang. Dan hasilnya yang reaktif, 34,” tutur Pathurrahman sembari menjelaskan seluruh PDP tersebut telah diosolasi dan mendapat perawatan secara intensif di RSUD dr. Soedjono Selong, dan Rusunawa Labuhan Lombok.

Data ini juga diperkirakan akan terus berkembang, sesuai dengan hasil tracking dan rapid test yang dilaksanakan oleh Dikes Lotim, terhadap kontak para pasien.

Sementara itu, Kadikes Lotim, dr. Hasbi Santosa menjelaskan sarana dan prasarana di Rusunawa Labuhan Lombok dilengkapi secara bertahap.

PDP yang dikarantina di Rusunawa, akan dibawa ke RSUD Selong untuk pemeriksaan swab. Jika hasil swab negatif, maka pasien tersebut akan langsung diisolasi di RSUD dr. Soedjono Selong.

“Secara prusedural, pasien yang kami rawat di Rusunawa, tetap kami bawa ke RSUD Selong untuk di swab. Bila hasinya positif, maka harus kami pindahkan segera ke RSUD Selong,” terangnya.

Untuk pemindahan PDP dari rusunawa ke RSUD Selong, juga mengacu pada ketersediaan ruang isolasi di RSUD. Namun, pemindahan ini akan mengacu pada kondisi pasien untuk menentukan skala prioritas.

“Bila ada ruang isolasi di RSUD yg kosong dan telah siap, maka kami memindahkan pasien sesuai skala prioritasnya. Seperti pasien dengan gejala memburuk, pasien usia lanjut, dan sebagainya,” beber Hasbi. Dd

Leave A Reply