Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Rapid Test Berbasis Pasar Mulai Dijalankan Tim Gugus Tugas Lombok Timur

2

SELONG, DS – Seperti yang telah direncanakan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Timur, telah dilakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) berbasis pasar mulai Selasa (19/05/2020). Dari 10 pasar yang rencananya dijadikan sebagai sampel, RDT telah dijalankan di tujuh pasar yang tersebar di wilayah Lombok Timur.

“Sedang kami laksanakan, dari 10 pasar besar. Sedang screening RDT hari ini dilaksanakan di tujuh lokasi,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) Lombok Timur, dr. Hasbi Santoso.

Dari keseluruhan pasar, ada tiga pasar yang akan melakukan rapid test pada Rabu besok. Tiga pasar tersebut adalah pasar Sakra, Labuhan Lombok, dan Pringgabaya.

Hal ini disebabkan petugas Puskesmas setempat, tengah melakukan disinfeksi di masjid yang rencananya menjadi lokasi pengambilan sampel rapid test saat shalat Jumat nanti.

“Tiga pasar yang belum melaksanakan di Sakra, Labuhan Lombok, dan Pringgabaya. Karena petugas PKM kami sedang menyelesaikan penyemprotan di masjid-masjid di wilayah mereka. Dan insya Allah RDT akan dilaksanakan mulai besok,” terang Hasbi lebih lanjut.

Rapid tes akan dilakukan terhadap para pedagang, baik pedagang tetap, maupun pedagang pendatang. Serta pengunjung pasar yang datang berbelanja pada hari itu.

Terhadap salah satu pasar besar, yakni pasar Paok Motong, telah dilakukan rapid test terhadap 525 pedagang. Dan, rapid tes akan dilanjutkan esok hari hingga semua pedagang mendapat kesempatan di rapid test.

“Pasar Paok motong, dari 775 pedagang yang ada, sudah di RDT 525 orang. Sisanya akan kami lanjutkan besok niki,” ujar Hasbi.

Selain rapid test berbasis pasar, rapid test berbasis masjid juga akan dilakukan untuk memastikan status pandemi di Lombok Timur. Serta menjadi acuan dalam penentuan pembukaan masjid untuk menggelar sholat idul fitri. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.