Berbagi Berita Merangkai Cerita

Ramadhan Harus Dirasakan Anak-anak

0 6

MATARAM, DS – Para orang tua harus mulai mengenalkan dan merasakan perbedaan bulan tersebut dibandingkan bulan lainnya bagi anak-anaknya. Mengingat, bulan Ramadhan tidak saja menjadi milik orang dewasa namun harus pula dirasakan oleh anak-anak.

“Anak-anak punya kesempatan merasakan indahnya bulan Ramadhan. Sehingga, orang tua harus memperkenalkan bulan Ramadhan yang merupakan kewajiban bagi umat islam dengan cara-cara yang baik,” ungkap Ketua Dewan Direksi LPGDM Riayatul Ummah Hj Sunarsih Wijaya menjawab wartawan.

Menurutnya, cara memperkenalkan Ramadhan dengan baik adalah dengan mencontohkannya dengan baik pula. “Jika kita menyambut dengan gembira dan sukacita, anak-anak akan merasakan bahagianya juga,” tegas Sunarsih.

Jika orang tua bisa menunjukkan bahwa bulan ini begitu istimewa, anak-anak akan bisa melihatnya juga. Ia merujuk pada bagaimana putri Rasulullah SAW, Fatimah Azzahra, memberikan contoh daripada hanya menggurui.

“Ketika menyuruh shalat malam, maka kondisikan ibunya juga melakukan shalat malam,” kata Sunarsih. Maka ketika bulan Ramadhan datang, tunjukkan bahwa bulan ini membawa kebahagiaan dan keberkahan, bulan yang lebih baik daripada 1.000 bulan.
Pasalnya, anak-anak itu akan melihat bagaimana orang tuanya memperlakukan bulan Ramadhan. Selain itu, orang tua harus memperbanyak informasi soal bulan istimewa ini dengan kembali mempelajarinya.

“Mulailah kita mempelajari lagi, merujuk pada Alquran tentang Ramadhan, bagaimana menurut Rasulullah SAW,” katanya. Pada akhirnya, orang tualah yang punya peran besar dalam memberitahu bahwa bulan puasa tidak hanya soal menahan dahaga dan lapar.fahrul

Leave A Reply