Rachmat : Berjemur Cukup 15 Menit Mampu Tingkatkan Imunitas

2 min read

MATARAM, DS – Anggota DPR RI dapil NTB-2 (Pulau Lombok) H. Rachmat Hidayat menyarankan agar masyarakat di wilayahnya dapat menjaga kondisi tubuh supaya terhindar dari penularan virus Corona (Covid-19).

Menurut Ketua DPD PDIP NTB itu, salah satu aktivitas yang dapat dilakukan selama berada di rumah adalah berjemur di bawah sinar matahari. Kata Rachmat, berjemur cukup dilakukan selama 15 menit. Hal itu dilakukan demi meningkatkan daya tahan tubuh di tengah wabah virus Corona.

“Berjemur itu kita usahakan bukan yang pagi, yang jam 10.00 sampai jam 15.00, cukup 15 menit. Sekali lagi, hal itu bukan untuk mematikan virus, tapi untuk meningkatkan daya tahan, imunitas,” ujar dia menjawab wartawan, Senin (30/3), seraya mengatakan untuk tetap menjaga kesehatan fisik, masyarakat dapat berolahraga di rumah secara rutin.

Selain itu, guna mengatasi kebosanan selama di rumah maka sebaiknya aktivitas yang dapat dilakukan misalnya berkebun, membersihkan rumah, hingga merintis usaha secara daring atau online.

“Kalau saya, aktivitas yang saya lakukan adalah memelihara burung kicauan. Ini adalah hobi untuk bisa mengisi kepenatan dalam aktivitas selama dirumah,” kata Rachmat.

“Kalau mau juga masyarakat dapat merintis bisnis pembuatan masker kain. Ini peluang bagus guna membantu situasi masyarakat yang juga kesulitan memperoleh APD saat ini,” sambungnya.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto sebelumnya menyebutkan, masker berbahan dasar kain dapat dijadikan alternatif untuk mencegah penularan virus.

“Sebenarnya masker kain sepanjang sampai di rumah kita cuci ya, besok ganti lagi, pakai yang sudah bersih, tidak masalah itu,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Rachmat juga menekankan pentingnya berpikir hingga bertindak positif untuk menghadapi wabah Covid-19 ini. “Yang penting kita ini mesti berpikir positif, bersikap positif, bertindak positif,” tandas Rachmat Hidayat. RUL.

Tinggalkan Balasan