Berbagi Berita Merangkai Cerita

Puluhan Siswa TK Tunas Bangsa Lombok Tengah Gelar Aksi Bersih di Loang Baloq Mataram

24

FOTO. Para siswa TK Tunas Bangsa, tengah melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Loang Baloq. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Puluhan siswa TK Tunas Bangsa, Dusun Peseng, Desa Waja Geseng, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah (Loteng), melakukan aksi bersih-bersih sampah yang berserakan di sepanjang pesisir pantai Loang Baloq, Tanjung Karang, Kota Mataram, Kamis Petang (13/1)

Aksi siswa tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan tempat wisata di Pulau Lombok.

Selain itu, dihajatkan menjadi edukasi terhadap anak-anak agar senantisa peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Aksi ini juga bertujuan untuk mengajak semua pihak agar lebih memperhatikan masalah sampah yang sudah terlalu mengotori wilayah pantai ini,” kata salah satu guru TK Tunas Bangsa, Desi.

Menurut dia, aksi bersih-bersih dilakukan siswa setelah melakukan rekreasi dan outbond siswa bersama para orang tua mereka.

“Jadi kegiatan ini kami lakukan bertujuan membentuk karakter anak agar lebih sadar dan peduli kebersihan di tempat umum,” ujar Desi.

Ia mendaku, tumpukan sampah di bibir pantai Loang Baloq ini telah menjadi polemik yang masih sulit ditangani oleh Pemda setempat.

Apalagi, tumpukan sampah tersebut kabarnya, berasal dari Kali Berejok yang terhubung langsung dengan pantai tersebut.

“Sayang aja ya, seharusnya kita rekreasi menikmati pantai yang indah, asri dan nyaman tapi justru yang kita peroleh sebaliknya. Jadi kami sebagai guru ingin mengajarkan kepada anak-anak bahwa menjaga kebersihan itu penting, sebagian daripada iman,” ungkap Desi.

Selain rekreasi, para siswa juga melakukan tour ke Museum Negeri NTB dan ziarah Makam Loang Baloq sebagai upaya pengenalan sejarah dan budaya NTB. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.