BSK Samawa

Proyek DAK Renovasi Sekolah Segera Rampung

Selong, DS- Proyek renovasi sekolah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 ini di jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur segera rampung, terutama paket proyek yang dikerjakan melalui sistem tender.

Kasi Sarpras Bidang SMP Dikbud Lombok Timur, Edi Nurhayanto, menjelaskan pengerjaan proyek DAK terbagi dalam dua jenis. Pertama proyek DAK fisik yang dikerjakan demgan sistim tender dan sistim penunjukkan langsung (PL).

“Untuk progres proyek DAK sistim tender rata- rata sudah mencapai 70 sampai 75 persen. Bahkan sudah ada paket pengerjaan di beberapa titik sudah rampung tinggal dilalukan serah terima, “terangnya.

Untuk beberapa item pengerajaan yang telah rampung, imbuh dia, belum dilakukan serah terima karena pihak rekanan terlebih dahulu harus melengkapi lima item persyaratan. Kalau persyaratan itu sudah dipenuhi maka proyek renovasi dengan sistim tender ini sudah bisa dilalukan serah terima.

“Dan proyek dengan sistem tender ini pengerjaanya rata- rata dimulai dari bulan Juli dan batas kontraknya sampai November atau selama 5 bulan. Di sisa waktu yang ada, pelaksanaan paket pekerjaan sistem tender ini terus berjalan dan dikebut sama pihak rekanan. Bahkan kita upayakan sampai tanggal 31 Oktober ini proyek DAK sistim tender fisiknya sudah rampung,” ujarnya.

Total proyek DAK sistem tender ini, paparnya, sebanyak 33 paket pekerjaan dan itu tersebar di beberapa SMP yang ada di wilayah Lombok Timur.

Paket sistem tender terdiri dari rehap ruang kelas dan beberapa item pengerjaan lainnya. Besaran anggaran untuk setiap paket pengerjaan nilainya bervariasi mulai dari Rp. 600 juta, Rp 700 juta bahkan ada juga sampai Rp 1,2 miliar.

“Paket pekerjaan diatas Rp 200 juta itu dikerjakan dengan sistem tender, “papar Edy

Sedangkan untuk proyek renovasi DAK dengan sistem tender, sebut dia, jumlahnya sebanyak 12 paket. Dari 12 paket proyek dengan sistem PL semuanya telah rampung dikerjakan.

“Total anggaran untuk renovasi sekolah dari DAK fisik di tahun ini sebesar Rp 34,45 miliar. Baik itu untuk sistem tender maupun PL “imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.