Berbagi Berita Merangkai Cerita

Prokes Kendor, Kasus Covid 19 Meningkat

27

FOTO. Ketua DPRD NTB Hj. Isvie Rupaedah saat menyampaikan sambutannya saat kegiatan buka puasa bersama dengan jurnalis parlemen NTB, Minggu malam. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Kedisiplinan warga di sejumlah kabupaten dan kota di NTB pada protokol kesehatan (prokes) sudah kendor.

Penyebabnya penegakan disiplin hingga sosialisasi yang dilakukan oleh jajaran Pemprov maupun Pemda kabupaten/kota terhadap substansi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular sudah tidak berjalan dengan baik.

Padahal, regulasi yang diinisiasi oleh lembaga DPRD NTB tersebut telah memuat sanksi administratif berupa teguran lisan, tertulis, atau denda uang kepada orang yang tidak menggunakan masker di ruang publik.

“Pantauan saya, masyarakat kita sudah mulai jenuh akhir-akhir ini. Ini dipicu, aparat Pemprov hingga Pemda kabupaten/kota melalui Satpol PP enggak jalan melakukan sosialisasi pada masyarakat. Harusnya gerakan sosialisasi jangan kendor lah,” ujar Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaedah menjawab wartawan, Selasa (27/4)..

Isvie mengatakan, peraturan soal disiplin protokol kesehatan yang sudah berlaku sejak 14 September 2020 lalu, sempat mengalami perbaikan penanganan Covid-19 di awal Perda tersebut disahkan.

Namun, terhitung sejak empat bulan terakhir ini, kegiatan pendisiplinan masyarakat pada prokes terlihat jarang lagi diintensifkan oleh Satgas penanganan Covid-19 di NTB.

Padahal, lanjut dia, data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah menunjukkan sebanyak 529 orang warga NTB di berbagai wilayah, telah meninggal lantaran terpapar Covid-19.

“Angka kematian ratusan orang itu tinggi. Kita minta aparat Sat Pol PP NTB benar-benar serius melakukan sosialisasi jangan lagi kendor untuk mengingatkan masyarakat untuk kembali disiplin menggunakan masker,” kata Isvie Rupaedah.

Data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, tercatat jumlah tambahan warga yang positif Covid-19 di 10 kabupaten/kota mencapai 62 orang yang terkonfirmasi positif, sebanyak 42 orang tambahan sembuh baru, dan dua kasus kematian baru.

Sehingga, jumlah total pasien positif
Covid-19 di NTB mencapai sebanyak 12.033 orang hingga Minggu (25/4) malam sekitar Pukul 23.00 WITA.

Rinciannya, sebanyak 10.433 orang sudah sembuh, sebanyak 529 orang meninggal dunia, serta 1.071 orang masih positif. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.