Berbagi Berita Merangkai Cerita

Progres Spam Suryawangi 85 Persen, Cipta Karya Harap Rampung September

14
Makripatullah

SELONG, DS – Progres pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Suryawangi, Kecamatan Labuhan Haji telah mencapai progres di atas 85%. Hal ini dituturkan oleh Makripatullah, Kabid Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Lombok Timur, saat dijumpai di ruangannya Senin (24/08/2020).

“Progres pekerjaan sampai saat ini 85,3%. Sisa waktu pekerjaan masih tinggal 2 bulan,” tutur Makrip.

Pekerjaan dengan nilai Rp. 3.620.819.000 tersebut diproyeksikan untuk mengairi wilayah kecamatan Labuhan Haji dan sebagian wilayah kecamatan Keruak. Masa kontrak pekerjaan tersebut selama 120 hari kalender. Terhitung sejak 24 Juli – 21 Oktober 2020.

Meskipun masa kontrak masih 2 bulan, namun Makrip berharap rekanan dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari jadwal. Terlebih menilik kondisi Labuhan Haji yang selama ini kekurangan suplai air bersih.

“Pekerjaan ini kita minta dikebut karena intensitas keadaan di Labuhan Haji ke selatan sangat membutuhkan air. Paling tidak September sudah dilakukan PHO,” pungkasnya.

Meskipun mengajukan percepatan penyelesaian, namun rekanan tetap terikat waktu sesuai kontrak. Dan berdasarkan kontrak tersebutlah acuan Cipta Karya dalam mengintervensi progres pekerjaan.

Saluran pipa dari SPAM Suryawangi akan diintegrasikan ke pipa PDAM untuk mengaliri wilayah Keruak. SPAM Suryawangi ini pun akan kembali dihibahkan pengelolaannya kepada PDAM.

“Pipa dari SPAM Suryawangi Akan nyambung dengan pipa PDAM. Kita terintegrasi sekarang. PUPR, khususnya Cipta Karya mendesain, kemudian dimanfaatkan oleh PDAM,” jelasnya.

Volume tampungan air di reservoar SPAM Suryawangi mencapai 170 kubik. Dengan debit aliran air 102,3 liter per detik. Yang akan dialirkan menggunakan pipa sebesar 4 inch.

“Ada reservoar existing, dengan debit yang ditampung 80 kubik. Yang baru kita bangun sekarang, 90 kubik. Ini akan kita paralelkan, bak existing dan bak baru ini. Tetapi sumbernya sama,” bebernya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.