Berbagi Berita Merangkai Cerita

Program Lombok Timur Berkembang Serap Bantuan untuk 1.600 Peternak di Tahun Pertama

27

SELONG, DS – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, M. Juaini Taofik menjelaskan sebanyak Rp 5 milyar yang disubsidikan oleh pemerintah daerah pada program Lombok Timur Berkembang (Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa Bunga). Jumlah itu diperuntukkan bagi 5.555 peternak. Namun awal tahun pelaksanaannya ditahun 2020 hanya bisa diberikan kepada 1.600 peternak. Angka tersebut didapatkan setelah pemerintah daerah berkonsultasi dengan pihak bank.

“Rp. 5 miliar itu untuk 5.555 peternak. Hanya saja kita sudah konsultasikan dengan bank penyerap, kemungkinan tahun 2020 ini hanya bisa terserap di 1600 peternak,” jelas Taofik, Kamis (03/09/2020).

Dikatakannya, jika program ini berhasil maka akan dikembangkan juga pada sektor lainnya, di tahun 2021. Apalagi di tahun 2021 mendatang, pemerintah pusat akan menggencarkan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Tetapi kemungkinan juga ada diversifikasi. Karena tahun 2021 pemerintah pusat itu sedang hebat-hebatnya mendirektif tentang UMKM. Jadi pola ini bisa saja kita berikan kepada UMKM,” kata dia.

Pengawasan terhadap pelaksanaan program ini juga telah dirancang dengan melibatkan berbagai pihak. Dengan harapan program ini terlaksana dengan tepat sasaran.

“Ini kan kita kerjasama dengan banyak pihak, ada Jasindo untuk asuransinya, Kepolisian, Kodim. Bisa jadi tugas tripartit di desa itu menyambangi juga peternak ini,” ungkapnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.