BSK Samawa

Program Berani II, Desa Jurit Terima Kunjungan Kanada dan Lembaga PBB

Join Monitoring Visit Program Better Reproductive Health and Rights for All in Indonesia Phase II (BERANI II) di Desa Jurit. Ian

Selong, DS-Desa Jurit, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, NTB, menerima Join Monitoring Visit Program Better Reproductive Health and Rights for All in Indonesia Phase II (BERANI II). Kunjungan tamu dari tiga lembaga PBB, Pemerintahan Kanada, Bappenas, Kementerian PPA, Kemendagri, BKKBN, diterima Aula Desa Jurit, Kamis (30/5).

Jurit merupakan salah satu dari lima desa di Lombok Timur yang menerima monitoring Program BERANI II. Kegiatan itu melibatkan Kedutaan Canada, UNFPA, UNICEF, UN WOMEN, LPA (Lembaga Perlindungan Anak) NTB, DP3AP2KB NTB, Pemda Lombok Timur dan Pemdes Jurit. Sementara itu Program BERANI II berlangsung tahun 2024 di Lombok Timur, Lombok Tengah dan KLU, yang menyasar 15 desa.

Program BERANI II merupakan sebuah inisiatif strategis yang dirancang untuk memberdayakan masyarakat desa dengan dukungan dari berbagai pihak dan partisipasi aktif masyarakat. Program ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi desa serta menjadikannya contoh baik pemberdayaan desa-desa di Indonesia.

Kades Jurit, Zulkarnaen, menyambut baik kehadiran tim monitoring. Dalam pertemuan di aula kantor desa setempat, ia memaparkan luas wilayah, penduduk dan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, posyandu dan fenomena perkawinan anak di desanya.

“Pernikahan dini masih ada, ” katanya. Cara mengatasi selama ini salah satunya dengan sosialisasi pada saat shalat Jumat untuk pencegahan perkawinan anak.

Zulkarnaen juga menuturkan ketika tahun 2021 Pemprov NTB menerbitkan regulasi Perda Pencegahan Perkawinan Anak.

“Hal ini membuat desa berfikir panjang memfasilitasi perkawinan anak. Namun, pemerintah memasilitasi dalam dispensasi nikah, ” ujarnya.

Tim monitoring selain melakukan kunjungan ke posyandu, berdialog dengan kadee desa, kader posyandu, kader genre, dan kadee PKK.

Selanjutnya bersilaturrahmi dengan Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik dan Pj Sekda H. Hasni. Dalam kesempatan yang sama berdialog dengan DP2AKB Lombok Timur.ian

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.