Prodi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan Kini Dimiliki UNW

FOTO Rektor UNW Mataram DR. HL. Abdul Muhyi Abidin (tengah) saat menujukan SK Kemendikbudristek didampingi oleh H. Syukri dan Muhammad Zainul Pahmi (kanan). (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Kabar gembira datang dari Universitas Nahdlatul Wathan (UNW). Kampus ini baru saja memperoleh SK izin pembukaan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Kebidanan.

Izin operasional tersebut tertuang dalam SK nomor 268/E/O/2022 yang ditandatangani pada 8 April 2022.

“Sebuah penantian yang cukup panjang setelah melakukan berbagai proses sejak tahun 2021,” kata Rektor UNW Mataram, Lalu Abdul Muhyi Abidin pada wartawan, Kamis (14/4).

Menurut Rektor, dengan telah terbitnya SK dari pusat tersebut, tentunya UNW Mataram memiliki program studi baru di Fakultas Kesehatan, yakni Program S1 Studi Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan.

Apalagi, lanjut Muhyi, kehadiran pendidikan profesi bidan, adalah untuk menjawab Undang-Undang Nomor 4 tahun 2019 yang menyatakan, ketentuan bahwa untuk dapat berpraktik mandiri, bidan wajib mengambil pendidikan profesi.

“Adanya SK itu, menjadi tekad kami untuk menjalankan amanah, dengan penuh tanggung jawab dengan menciptakan tata kelola yang baik dan meningkatkan SDM yang dimiliki,” jelas Rektor.

Muhyi menegaskan, bahwa untuk mendapatkan izin tersebut prosesnya tidak mudah. Karenanya adanya izin pendirian satu program studi baru bidang Kesehatan, maka jumlah prodi di UNW Mataram menjadi sebanyak 23 prodi.

“Masyarakat NTB tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah untuk mengenyam pendidikan S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Kebidanan. Ini karena UNW sudah menyiapkan wadahnya,” tegas Muhyi.

Ia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermutu dengan biaya yang terjangkau bagi mahasiswa yang masuk di Fakultas Kesehatan.

“Jangan lagi ada anggapan di tengah masyarakat bahwa masuk Kesehatan biayanya mahal,” ucap Muhyi..

UNW Mataram, kata dia, dalam waktu dekat akan segera membuka program pascasarjana guna menampung keinginan besar alumni yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Di tempat terpisah, Kepala BAAK UNW Mataram, M Zainul Pahmi, menyatakan, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pengurusan izin pendirian program studi ini termasuk pihak LLDIKTI VIII yang selalu mendukung.

Begitu juga kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah berkenan mengeluarkan izin.

Hal serupa dilontarkan, Kepala BAUK H Muhamad Syukri. Kata dia, dengan diterbikannya izin pendirian ini Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi siap menerima mahasiswa mulai tahun akademik 2022/2023 karena dari sisi fasilitas sudah memadai.

“Jauh-Jauh hari sebelum pengajuan izin, semua fasilitas sudah kita siapkan. Sehingga begitu izin turun dari pusat kita siap menerima mahasiswa,” katanya.

“Semoga program studi ini mampu memberi jawaban kepada lulusan SMA/SMK/MA di NTB yang ingin melanjutkan studinya ke S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Kebidanan,” tandasnya. RUL.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.