Polri Berikan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Bimbingan pranikah di KLU. HM

Lombok Utara, DS- Kasikum Polres Lombok Utara, Iptu Agus Sugianto Sh., memberi bimbingan perkawinan Pra Nikah bagi calon pengantin Tingkat Kementrian Agama Kabupaten Lombok Utara di Masjid Jami’ul Jama’ah, Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang, KLU. Senin (23/10/2023).

Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K M.Si., melalui Kasi Hukum (Kasikum) Polres Lombok Utara Iptu Agus Sugianto Sh., di sela – sela kegiatannya, mengatakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin dengan Materi Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain perwakilan dari Kementrian Agama KLU, Kepala KUA Kecamatan Pemenang dan 100 Pasangan Calon pengantin dan orang nikah

Agus Sugianto menyampaikan beberapa materi tentang perkawinan sebagaimana diatur dalam Pasal 28 B ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah. Maka perkawinan merupakan Hak Asasi Manusia.

Dan dalam Pasal 6 ayat 1 UU No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menyebutkan bahwa harus di dasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai. Disampaikan juga tentang Undang-undang No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Diharapkan kepada para calon mempelai baik laki maupun perempuan agar dalam kehidupan berumah tangga saling pengertian antara suami istri untuk menciptakan hubungan suami istri yang harmonis, sakinah, mawadah, warokmah. Hal ini guna menghindari terjadinya potensi gangguan yaitu perselisihan pendapat dalam rumah tangga yang berujung terjadinya kekerasan dalam rumah tangga yang dapat berakibat fatal yaitu berurusan dengan hukum, bahkan perceraian. Hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.